Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di SMP Negeri 2 Burneh

Rokib, Moh. Abdul (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di SMP Negeri 2 Burneh. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB V fix.docx

Download (23kB)

Abstract

Kata Kunci: Cooperative Script, prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap prestasi belajar siswa. Model pembelajaran cooperative script merupakan model pembelajaran yang mengembangkan upaya kerja sama dalam mencapai tujuan bersama dan suatu strategi yang efektif bagi siswa untuk mencapai hasil akademik dan sosial termasuk meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pra eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berupa pretest dan posttest, angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji-t sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai –thitung < ttabel < thitung (-6,399 < 1,671 < 6,399) maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya model pembelajaran Cooperative Script berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hasil uji validitas pada kelas eksperimen diperoleh nilai rhitung sebesar 0,90 sedangkan rtabel dengan n=34 pada taraf signifikansi 1% adalah 0,436 dan taraf signifikansi 5% sebesar 0,339 dengan kriteria sangat tinggi (rhitung > rtabel) sedangkan untuk hasil uji validitas pada kelas kontrol diperoleh nilai rhitung sebesar 0,61 sedangkan rtabel dengan n=34 pada taraf signifikansi 1% sebesar 0,436 dan taraf signifikansi 5% sebesar 0,399 dengan kriteria tinggi (rhitung > rtabel). Respon siswa terhadap model pembelajaran Cooperative Script berada pada kategori sangat baik dengan presentase sebesar 89%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PPKN
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 10 May 2019 04:40
Last Modified: 10 May 2019 04:40
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/440

Actions (login required)

View Item View Item