Karakter Peserta Didik terhadap Pemahaman Pembelajaran Matematika

Mahmubah, (2018) Karakter Peserta Didik terhadap Pemahaman Pembelajaran Matematika. Other thesis, STKIP PGRI BANGAKLAN.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
BAB I OK.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB V OK.docx

Download (14kB)

Abstract

Mahmubah.2018. Karakter Peserta Didik terhadap Pemahaman Pembelajaran Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Sarjana. STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing (1) Mety Liesdiani, S.Kom,M.MSI (2) Abdur Rosyid,S.Si, S.Pd,M.Si Kata Kunci : Karakter, pemahaman, limas segi empat. Nilai budaya merupakan landasan karakter bangsa yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada setiap individu agar lebih memahami,menghargai dan menyadari pentingnya nilai budaya dalam menjalankan setiap aktifitas kehidupan.Terkikisnya nilai budaya seiring berkembangnya ilmu teknologi menimbulkan kekerasan, kerusuhan, merusak diri dan kenakalan remaja. Karakter merupakan suatu watak, tabiat, akhlak dan kepribadian seseorang yang setiap individu itu pasti berbeda. Pemahaman adalah proses, perubahan, cara memahami atau memahamkan. Materi yang menjadi bahan penelitian adalah bangun ruang limas segi empat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikankarakter peserta didik terhadap pemahaman pembelajaran matematika. Dengan demikian diharapkan dapat membantu proses pembelajaran agar dapat mengetahui karakter peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan 6 siswa kelas VIII SMPN 1 Bangkalan sebagai subjek penelitian yang terdiri dari 3 siswa dari Burneh dan 3 siswa dari Bangkalan dengan kemampuan matematika yang berbeda. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi waktu. Langkah-langkah analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter peserta didik yang tinggal di Burneh yang masih bersifat kedaerahan (pedesaan) lebih religius dibandingkan dengan yang tinggalnya di Bangkalan. Subjek tersebut lebih jujur dalam perkataan maupun perbuatan. Untuk karakater kecerdasan masih relatif sama dan bergantung pada tingkat kemampuan matematika atau intelektual yang dimiliki. Untuk karakter ketangguhan, semua subjek dapat dikategorikan tangguh dalam menghadapi dan mengatasi masalah. Mahmubah.2018. Character of Learners towards Understanding Mathematics Instruction. Mathematics Education Department. Undergraduate Degree Program. STKIP PGRI Bangkalan. Advisors (1) MetyLiesdiani, S.Kom, M.MSI (2) AbdurRosyid, S.Si, S.Pd, M.Si Keywords: Character, understanding, rectangular pyramid. Cultural value is the foundation of national character, which is important to be taughtearly on each individual to understand, appreciate and realize its importance more in carrying out every aspect of life. The declining cultural values as the development of technology science lead to violence, riot, self-destruction and juvenile delinquency. Character is about attitude, morality and personality of a person in which each individual is definitely different. Understanding is the process, change, way of understanding. The material that is the subject of research is rectangular pyramid area. This study aims to describe the character of learners in understanding mathematics instruction. Thus, it is expected to help the learning process in order to know the character of learners. The type of this research is descriptive qualitative research with 6 students of class VIII SMPN 1 Bangkalan as research subjects consisting of 3 students from Burneh and 3 students from Bangkalan with different math skills. The instruments used are tests and interviews. The technique of data validity used is triangulation time. The steps of data analysis are data reduction, data presentation and conclusion. The research result shows that the character of learners living in Burneh who are still rural are more religious than those living in Bangkalan. The subject is more honest in words and deeds. For the character of intelligence, it is still relatively the same and depends on the level of math or intellectual ability possessed. For the tough character, all subjects can be categorized tough in dealing with and troubleshooting.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2019 03:36
Last Modified: 25 Jan 2019 03:36
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item View Item