Efektivitas Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) dengan Menggunakan Media Pembelajaran Video Scribe terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bangkalan

Putrin, Nova Riskiana (2018) Efektivitas Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) dengan Menggunakan Media Pembelajaran Video Scribe terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bangkalan. Other thesis, STKIP PGRI BANGAKLAN.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
bab I.docx

Download (27kB)
[img] Text
bab V.docx

Download (16kB)

Abstract

Putrin, Nova Riskiana. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) dengan Menggunakan Media Pembelajaran Video Scribe terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bangkalan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing, : (I) Mety Liesdiani, S.Kom., M.MSI (II) Abdur Rosyid, S.Si., S.Pd., M.Si Kata Kunci : Model Pembelajaran, Think Pair Share, Media Pembelajaran, Video Scribe Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 2 Bangkalan, pada saat peneliti melakukan Program Pengalaman Lapangan II (PPL II) sebagian besar nilai dari tugas maupun ulangan harian siswa tergolong rendah dikarenakan kurangnya pemahaman siswa dalam pelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan oleh aktivitas siswa jika di dalam kelas mereka tidak memahami materi tersebut. Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) memiliki kelebihan yaitu menyediakan waktu berpikir untuk meningkatkan kualitas respon siswa dan menjadi lebih aktif dalam berpikir mengenali konsep dalam mata pelajaran. Sedangkan media pembelajaran Video Scribe memiliki kelebihan yaitu mampu menggambarkan ilustrasi materi secara menarik terletak pada proses ilustrasi seperti orang yang menggambar di papan tulis, serta dilengkapi dengan suara backsound dan dubbing yang disesuaikan dengan materi yang ada. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif karena teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku umum atau generalisasi. Hasil analisis data statistik deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan guru mengelola pembelajaran dikatakan efektif dikarenakan rata – rata skor tingkat kemampuan guru adalah 4,84 berada dalam kategori sangat baik, aktivitas siswa menunjukkan kategori baik sekali dengan persentase 94,1%, respon siswa menunjukkan sangat positif dengan persentase adalah 98%, tes hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan secara individu lebih dari 70% dan ketuntasan secara klasikal 93,3%. Berdasarkan analisis data dari keempat indikator di atas maka model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan menggunakan media pembelajaran Video Scribe dikatakan efektif. Putrin, Nova Riskiana. 2018. The Effectiveness of TPS Learning Model (Think Pair Share) by Using Learning Media Video Scribe on Students' Learning Achievement of Class XI Senior High School 2 Bangkalan. Thesis, Mathematics Education Department, Bachelor Degree Program, STKIP PGRI Bangkalan. Advisors, : (I) Mety Liesdiani, S.Kom., M.MSI (II) Abdur Rosyid, S.Si., S.Pd., M.Si Keywords: Learning Model, Think Pair Share, Learning Media, Video Scribe Based on the preliminary observation at Senior High School 2 Bangkalan, when the researcher conducted the Field Experience Program II (PPL II) most of the value of the daily duties and test of students were low due to lack of students' understanding in math lesson. This was indicated by the students' activities if in the classroom they did not understand on the material. The Think Pair Share (TPS) learning model has the advantage of provide thinking time for improving the quality of students responses and more active to think for the concept of the subject. On the other hand the learning media of Video Scribe has advantages to be able to illustrate the illustrations of interesting lies in the illustration process such as people who draw on the board, and equipped with sound backsound and dubbing that adapted to existing material. This type of research includes quantitative descriptive research because the technique of data analysis use descriptive statistics used to analyze data by way of describing or describing the data that has been collected as it is without intending to make general conclusions or generalizations.The results of descriptive statistical data analysis showed that the ability of teachers to manage learning is said to be effective because the average score of the teacher's ability level is 4.84 in very good category, student activity showed very good category with percentage of 94.1%, student response showed very positive with percentage was 98%, test result of student learning have reach mask individually more than 70% and mastery classically 93,3%. Based on data analysis of the four indicators above, it can be said that the Think Pair Share (TPS) learning model using Video Scribe learning media is said to be effective.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2019 08:05
Last Modified: 23 Jan 2019 08:05
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item View Item