EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN MONOPOLI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP Al-ASY’ARI GEGER

Misriyani, Misriyani (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN MONOPOLI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP Al-ASY’ARI GEGER. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
bab I.docx

Download (20kB)
[img] Text
bab V.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Misriyani.2018. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN MONOPOLI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP Al-ASY’ARI GEGER. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Program Sarjana, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing :(I) Dwi Ivayana Sari, M. Pd (II) Zainudin, S. Si, M. Pd Kata Kunci : Pembelajaran matematika, Numbered Head Together (NHT), Permainan Monopoli. Pembelajaran matematika adalah suatu pembelajaran yang penting dan harus dipelajari pada setiap jenjang pendidikan formal. Untuk itulah, diperlukan berbagai upaya atau usaha para pendidik matematika, agar pembelajaran matematika bisa diserap dengan mudah oleh siswa. Matematika merupakan materi yang abstrak, sehingga membuat siswa tidak tertarik untuk mempelajari matematika. Maka dalam hal ini guru memerlukan model pembelajaran dan media pembelajaran yang dan sesuai dengan kemampuan siswa. Salah satunya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan menggunakan permainan monopoli. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui Efektivitas model pembelajaran NHT dengan menggunakan permainan monopoli yang dilihat dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, respon siswa setelah pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, mendeskripsikan aktivitas siswa, mendeskripsikan respon siswa dan mendeskripsikan ketuntasan belajar secara klasikal pada materi Limas di SMP Al-Asy’ari Geger. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengamatan pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa, serta respon siswa dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dikatakan efektif untuk mengajarkan materi limas dilihat dari: kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran efektif, karena rata-rata setiap aspek RPP berada dalam kategori baik dan sangat baik, aktivitas siswa efektif, karena rata-rata dari setiap aspek yang diamati berada pada batas waktu toleransi, respon siswa positif karena persentase respon positif siswa pada setiap pertanyaan lebih dari 80% dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal tercapai karena banyaknya siswa yang tuntas belajar lebih dari 80%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 24 Apr 2019 05:11
Last Modified: 24 Apr 2019 05:11
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/341

Actions (login required)

View Item View Item