Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Berbantuan Media Bongkar Pasang Untuk Meningkarkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII D Di SMP Negri 1 Jrengik

onita, triana (2018) Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Berbantuan Media Bongkar Pasang Untuk Meningkarkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII D Di SMP Negri 1 Jrengik. UNSPECIFIED thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
ABSTRAK onita.docx

Download (13kB)
[img] Text
BAB V onita.docx

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK Triana,Onita 2018. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dengan Berbantuan Media Bongkar Pasang Untuk Meningkarkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII D Di SMP Negri 1 Jrengik, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing, : (I) Dr.H. Sunardjo, S.H, M.Hum, (II) RA. Rica Wijayanti, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Model Pembelajaran Talking Stick, Media Bongkar Pasang, Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal di SMP Negeri 1 Jrengik, guru matematika selalu menggunakan model ekspositori dan tidak menggunakan media pembelajaran. Hal tersebut membuat hasil belajar siswa rendah. Banyak model dan media pembelajaran yang dapat diterapkan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya yaitu model pembelajaran Talking Stick dan media bongkar pasang.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Negri 1 Jrengik dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan berbantuan media bongkar pasang. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari empat tahapan yang meliputi perencanan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negri 1 Jrengik dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII D. Berdasarkan hasil analisis data penelitian persentase hasil pree test ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 5% sedangkan pada post test I adalah 30%. Artinya pada siklus I ketuntasan secara klasikal belum terpenuhi, sehingga membutuhkan siklus II. Sedangkan Pada analisi data penelitian persentase hasil post test II ketuntasan belajar secara klasikal adalah 95% hal ini menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar dan persentase ketuntasan secara klasikal sudah terpenuhi, sehingga tidak dilanjutkan siklus selanjutnya.. ABSTRACT Triana, Onita. 2018. The Implementation of Talking Stick with the Aid of Lego Media to enhance the Learning Outcome at Class VIII D, SMP Negri 1 Jrengik, Mathematics Education Department, Undergraduate Program, STKIP PGRI Bangkalan. Advisors: (I) Dr. H. Sunardjo, S.H, M.Hum, (II) RA. Rica Wijayanti, S.Pd., M.Pd Keywords: Talking Stick Learning Model, Lego Media, Learning Outcomes Based on preliminary observation at SMP Negeri 1 Jrengik, the math teacher always use expository model and do not use instructional media. It makes the student learning outcomes low. There are many models and learning media which teachers can apply to improve students’ learning outcomes, one of which is the Talking Stick learning model and lego media. The purpose of this study is to improve students’ learning outcomes at class VIII D SMP Negeri 1 Jrengik with the application of Talking Stick learning models with Lego media assistance. This type of research adopts Classroom Action Research (CAR). This research consists of four stages that include planning, execution, observation and reflection. This research was conducted at SMP Negeri 1 Jrengik and the subject of this research is the students of class VIII D. Based on the result of data analysis, the percentage of pre- test result of students' learning completeness classically is 5% while in posttest I is 30%. This means that in cycle I, the learning mastery has not been classically fulfilled making it required to do cycle II. Meanwhile, in the analysis of research data percentage of posttest results II, the classical learning completeness is 95%. This indicates an increase in learning outcomes and percentage of completeness in which, the learning completeness has been classically met, making it unnecessary to do the next cycle.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2018 08:57
Last Modified: 24 Sep 2018 08:57
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/129

Actions (login required)

View Item View Item