Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Matematika

Duriyah, duriyah (2018) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
bab v.docx

Download (23kB)

Abstract

Kata Kunci: Kesalahan, Soal Cerita, Kemampuan Matematika Soal matematika yang berbentuk soal cerita memberikan gambaran yang nyata dalam permasalahan kehidupan yang sebenarnya. Soal cerita sangat bermanfaat untuk perkembangan proses berfikir siswa. Namun soal matematika yang berbentuk cerita sering dianggap sebagai soal yang sulit untuk diselesaikan karena harus melalui pemikiran yang panjang dan penalaran yang rumit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita lingkaran menggunakan pemecahan masalah berdasarkan prosedur newman ditinjau dari kemampuan matematika. jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dimana subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A MTS Ali-Imron yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan matematika tinggi, 1 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 1 siswa berkemampuan matematika rendah. Metode yang digunakan adalah metode tugas dan wawancara dimana instrumen yang digunakan adalah tugas pemecahan masalah (TPM) dan pedoman wawancara. Tehnik keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah triagulasi waktu. Langkah-langkah dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan subjek berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal cerita lingkaran meliputi :1) Kesalahan Memahahami Masalah (Comprehension) kurang teliti sehingga tidak menuliskan apa yang diketahui dengan lengkap. Kesalahan subjek berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal cerita lingkaran meliputi : 1) kesalahan proses perhitungan (process skill) tidak teliti dalam menjumlahkan sehingga tidak menuliskan jawaban dengan benar, 2) Kesalahan penulisan jawaban (Enconding) tidak dapat menemukan hasil dan menuliskan jawaban akhir. Kesalahan subjek berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal cerita lingkaran meliputi : 1) kesalahan membaca ( Reading ) tidak dapat membaca atau mengenal simbol-simbol dalam soal, 2) kesalahan memahahami masalah (comprehension) tidak dapat memahami dan menyebutkan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, 3) kesalahan tranformasi masalah (Tranformation) tidak dapat mengetahui rumus yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal, 4) Kesalahan proses perhitungan (process skill) tidak teliti dalam menjumlahkan hasilnya, 5) Kesalahan penulisan jawaban (Enconding) tidak dapat menemukan hasil dan menuliskan jawaban akhir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 24 Apr 2019 07:47
Last Modified: 24 Apr 2019 07:47
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/357

Actions (login required)

View Item View Item