UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL DI MTS AS-SUNJANIYAH KETAPANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING

Rohmah, siti (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL DI MTS AS-SUNJANIYAH KETAPANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (15kB)

Abstract

Kata Kunci : Hasil Belajar, Inkuiri Teknik Kancing Gemerincing Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa guru matematika di MTs As-Sunjaniyah Ketapang masih menggunakan metode ceramah. Sehingga siswa kurang berminat dan merasa bosan dalam proses pembelajaran hal ini berdampak pada menurunnya semangat siswa untuk belajar dan menyebabkan hasil belajar siswa menurun. Hasil belajar adalah nilai tes yang diperoleh siswa setelah model pembelajaran inkuiri dengan teknik kancing gemerincing dilaksanakan. Hasil belajar siswa matematika pada materi kelipatan persekutuan terkecil di kelas VII MTs As-Sunjaniyah Ketapang karena persentase ketuntasan belajar menunjukkan bahwa dari siklus I diperoleh 70% meningkat menjadi 100% di siklus II. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran Inkuiri Teknik Kancing Gemerincing sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Inkuiri Teknik Kancing Gemerincing model pembelajaran yang memiliki karakteristik tersendiri yaitu siswa berkelompok secara heterogen. Adapun penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs As-Sunjaniyah Ketapang menggunakan model pembelajaran Inkuiri Teknik Kancing Gemerincing materi KPK. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana pada setiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar yang digunakan untuk menentukan hasil meningkatnya siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya hasil belajar siswa dikatakan meningkat karna ketuntasan belajar siswa dari 70% (tes siklus I) menjadi 100% (tes siklus II).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 24 Apr 2019 07:27
Last Modified: 24 Apr 2019 07:27
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/352

Actions (login required)

View Item View Item