Amalia, Nur (2018) Penerapan Model Van Hiele Dengan Menggunakan Media Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Matematika Kelas VIII-C SMP Al-Hikam.Pendidikan Matematika. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.
Text
ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
bab I.docx Download (23kB) |
|
Text
bab V.docx Download (17kB) |
Abstract
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Van Hiele, Media Crossword Puzzle. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa guru matematika di SMP AL-Hikam masih menerapkan model pembelajaran ekspositori atau model ceramah. sehingga siswa masih keliru dalam menyelesaikan soal dan belum bisa menerapkan konsep dengan baik akibatnya hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran Van Hiele dengan media Crossword Puzzlesebagai model dan mediapembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Model pembelajaran Van Hiele dengan media Crossword Puzzleadalah model berkelompok dengan beberapa pertanyaan tentang materi luas permukaan dan volume balok dan kubus sesuai dengan media Crossword Puzzle dengan mengisi teka-teki silang sesuai kata kunci pertama.Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-C SMP Al-Hikam dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele dengan menggunakan media Crossword Puzzle pada materi luas permukaan dan volume balok dan kubus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalahsiswa Kelas VIII-C SMP Al-Hikam dengan jumlah siswa 30 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Van Hiele dengan media cossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil pretest ke post-test 1 meningkat 56,07% dan post-test 1 ke post-test 2 meningkat 44,93% sehingga total peningkatan siklus 1 dan siklus 2 yaitu sebesar 100%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id |
Date Deposited: | 24 Apr 2019 07:00 |
Last Modified: | 24 Apr 2019 07:00 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/347 |
Actions (login required)
View Item |