Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Balok Di Kelas VIII A SMP Al-Hikam. Pendidikan Matematika. STKIP PGRI Bangkalan

Damayanti, Eka (2018) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Balok Di Kelas VIII A SMP Al-Hikam. Pendidikan Matematika. STKIP PGRI Bangkalan. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
bab I.docx

Download (24kB)
[img] Text
bab V.docx

Download (22kB)

Abstract

Darmayanti Eka. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Balok Di Kelas VIII A SMP Al-Hikam. Pendidikan Matematika. STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing: (I) Enny Listiawati, S.Si, M.Pd(II)Nur Aini S., M.Si. Kata Kunci :Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif TipeScramble. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa guru matematika di SMP Al-Hikam masih menerapkan model pembelajaran ekspositori.Siswa cenderung tidak bersemangat dalam mendengarkan materi yang sedang dijelaskan sehingga siswa menjadi pasif dan akibatnya hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble sebagai model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif. Model pembelajaran Kooperatif tipe Scramble adalah model pembelajaran dengan membagikan lembar soal dengan alternatif jawaban yang masih teracak pada setiap kelompok kemudian siswa bekerja sama (berkelompok) untuk mencari dan menyusun jawaban dari soal yang ada. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model Scramble ditinjau dari empat indikator efektivitas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa Kelas VIII-A SMP Al-Hikam dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Scramble dikatakan efektif. Hal ini dilihat dari tercapainya empat indikator efektivitas, yaitu: 1. Kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan skor rata-rata 3,94 yang berada pada kategori sangat baik; 2. aktivitas siswa dimana 6 aspek pengamatan yang berada pada batas waktu toleransi; 3. kriteria respon siswa berada pada kategori sangat setuju; dan 4. tes hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 82%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 20 Feb 2019 05:07
Last Modified: 20 Feb 2019 05:07
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item