“Efektivitas Metode Guided Discovery Dengan Menggunakan Alat Peraga Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Terhadap Siswa Kelas VIII Semester 2 Di SMP NEGERI 3 Kamal Tahun Pelajaran 2017-2018”

Mulianto, Edi (2018) “Efektivitas Metode Guided Discovery Dengan Menggunakan Alat Peraga Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Terhadap Siswa Kelas VIII Semester 2 Di SMP NEGERI 3 Kamal Tahun Pelajaran 2017-2018”. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
abstrak.docx

Download (15kB)
[img] Text
bab I.docx

Download (22kB)
[img] Text
bab v.docx

Download (17kB)
[img] Text
bab v.docx

Download (17kB)
[img] Text
bab v.docx

Download (17kB)

Abstract

Mulianto, Edi, 2018. “Efektivitas Metode Guided Discovery Dengan Menggunakan Alat Peraga Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Terhadap Siswa Kelas VIII Semester 2 Di SMP NEGERI 3 Kamal Tahun Pelajaran 2017-2018”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing, : (I) MetyLiesdieni,S.kom, M.Msi (II) AbdurRosyid, S.Si, S.Pd, M.Si Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran, Metode Guided Discovery, Alat Peraga Matematika Dalam proses pembelajaran siswa sering merasa jenuh yang mengakibatkan siswa mengantuk, bermain sendiri sehingga sebagian siswa belum mengerti terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini dikarenakan kurang efektifnya suatu pembelajaran.Salah satu metode dan pendekatan yang dapat digunakan pada saat kegiatan belajar mengajar yaitu dengan metode penemuan terbimbing (Guided Discovery) adalah siswa didorong untuk berpikir sendiri, menganalisis sendiri, sehingga dapat menemukan konsep, prinsip, ataupun prosedur berdasarkan bahan ajar yang telah disediakan guru. Dalam rangka memaksimalkan kegiatan penemuan yang dilakukan oleh siswa maka perlu adanya alat bantu yang dapat mempermudah siswa untuk memahami materi yang diajarkan yang nantinya siswa diharapkan mampu menyelesaikan dan mudah memahami materi pelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktifitas siswa, respon siswa, dan ketuntasan belajar siswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif .Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar observasi aktifitas siswa, lembar angket respon siswa, lembar tes hasil belajar (THB). Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru mengelola pembelajaran dikatakan efektif dengan rata – rata skoradalah 3,5;Aktivitas siswa aktif dengan nilai rata-rata semua indikator penilaian 3,5, respon siswa menunjukkan hasil yang positif dengan persentase adalah 98%, tes hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan secara klasikal 91%. Berdasarkan analisis data dari keempat indikator diatas maka Metode Guided Discovery dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2019 07:28
Last Modified: 18 Feb 2019 07:28
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item View Item