Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Metode Tutor Sebaya

Husna, Asmaul (2018) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Metode Tutor Sebaya. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
abstrak.docx

Download (17kB)
[img] Text
bab V.docx

Download (19kB)
[img] Text
bab I.docx

Download (22kB)

Abstract

Husna Asmaul. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Metode Tutor Sebaya. Pendidikan Matematika. STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing: (I) Dr. H. Sunardjo, SH, M.Hum. (II) R.A. Rica Wijayanti, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Metode Tutor Sebaya. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa guru matematika di SMP Al-Hikam masih menerapkan model pembelajaran ekspositori. Guru terlihat sangat mendominasi proses pembelajaran dan tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat ataupun bekerja sama. Sehingga siswa menjadi pasif dan akibatnya hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan metode tutor sebaya sebagai model dan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan metode tutor sebaya adalah suatu pembelajaran dengan pembagian kelompok berdasarkan kemampuan akademik yang berbeda (tinggi, sedang, rendah), kemudian siswa yang berkemampuan tinggi dipilih menjadi tutor. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan metode tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa Kelas VIII-A SMP Al-Hikam dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil pretest ke post-test 1 meningkat 57,14% dan post-test 1 ke post-test 2 meningkat 42,86% sehingga total peningkatan siklus 1 dan siklus 2 yaitu sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2019 07:23
Last Modified: 18 Feb 2019 07:23
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item View Item