EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SOAL DI SMP ISLAM IBNU AHMAD MASDUKIPADA MATERI BANGUN RUANG

Subaidah, (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SOAL DI SMP ISLAM IBNU AHMAD MASDUKIPADA MATERI BANGUN RUANG. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (12kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Subaidah.2018. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU SOAL DI SMP ISLAM IBNU AHMAD MASDUKIPADA MATERI BANGUN RUANG. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Program Sarjana, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing :(I) DwiIvayana Sari, M. Pd (II) Ria Faulina,M.Si Kata Kunci :Pembelajaran matematika, NHT (Numbered Head Together)dengan media kartu soal . Pada zaman sekarang masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam mempelajari matematika.Hal ini terjadi karena kebanyakan guru matematika menggunakan model pembelajaran ceramah .Sehingga siswa merasa jenuh dan cepat bosan, dan pada akhirnya pembelajaran matematika tidak berjalan dengan baik oleh siswa. Maka dalam hal ini guru memerlukan model pembelajaran dan media pembelajaran yang dan sesuai dengan kemampuan siswa. Salah satunya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan menggunakan media kartu soal. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui Efektivitasmodel pembelajaran NHT dengan menggunakan media kartu soal yang dilihat dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, respon siswa setelah pembelajaran dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, mendeskripsikan aktivitas siswa, mendeskripsikan respon siswa dan mendeskripsikan ketuntasan belajar secara klasikal pada materi prisma di Di Smp Islam Ibnu Ahmad Masduki. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengamatan pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitassiswa, respon siswa dan ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dikatakan efektif untuk mengajarkan materi prisma dilihat dari : kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran efektif, karena rata-rata setia paspek RPP berada dalam kategori baik dan sangat baik, aktivitas siswa efektif, karena rata-rata dari setiap aspek yang diamati berada pada batas waktu toleransi, respon siswa positif karena persentase respon positif siswa pada setiap pertanyaan lebihdari 90% dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal tercapai karena banyaknya siswa yang tuntas belajar lebih dari 90%. ABSTRACT Subaidah. 2018. EFFECTIVENESS OF COOPERATIVE LEARNING MODEL OF NHT TYPE (NUMBERED HEAD TOGETHER) USING QUESTIONS CARDMEDIA IN SMP ISLAM IBNU AHMAD MASDUKI IN THE MATHEMATICS SPACE MATERIALS. Thesis, Mathematics Education Program. Undergraduate Program, STKIP PGRI Bangkalan. Advisors: (I) DwiIvayana Sari, M. Pd (II) Ria Faulina, M.Si Keywords: Mathematics learning, Numbered Head Together (NHT) with questions card media Nowadays, there are still many students facing difficulties in studying mathematics. This happens because most of the math teacher uses explanatory model, so the students feel bored quickly, and ultimately the learning of mathematics does not work well. Therefore, in this case, the teacher requires a model of learning media that is suitable with the ability of students, one of which is the model of learning Numbered Head Together (NHT) using Problem media card. In this research, the researcher wanted to know the effectiveness of NHT learning model by using the card media about the matter viewed from the teacher ability in managing the learning, student activity, student response after the learning and the completion of student learning in classical. The purpose of this study is to describe the ability of teachers in managing learning, the activities of students, students' responses, and the learning mastery of classical on prism material in In SMP Islam Ibn Ahmad Masduki. The type of research used is descriptive quantitative by observing the ability of teachers in managing learning, student activities, student responses, and mastery of student learning. Based on the results of research that has been implemented, it can be concluded that the learning of Numbered Head Together (NHT) is said to be effective for teaching prism materials viewed from: the ability of teachers in managing effective learning, because the average of every aspect of RPP is in good and excellent category. Students’ activity is effective because the average of each observed aspect is within the tolerance time limit. The student's response is positive because the percentage of students’ positive responses on each question is more than 90% and the students' learning completeness is classically achieved because of the number of students who complete the study is more than 90%. .

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 18 Dec 2018 05:29
Last Modified: 18 Dec 2018 05:29
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/162

Actions (login required)

View Item View Item