Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted IndividualizationDengan Menggunakan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Mts Manba’ul Hikam

hermawati, ade erna (2018) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted IndividualizationDengan Menggunakan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Mts Manba’ul Hikam. Other thesis, stkip pgri bangkalan.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
bab 1.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)

Abstract

Abstract This research is based on the result of preliminary observation which shows that Mathematics teacher in MTs Manba'ul Hikam still use explanatory method, so that students are less interested and feel bored in the learning process. This affects the declining student’s motivation to learn and causes the delivery of achievement. Therefore, the researcher tries to use the Team Assisted Individualization learning model as one of the effors to improve student achievement of Team Assisted Individualization, with Puzzle media to increase student's interest and achievement. Learning model Team Assisted Individualization with Puzzle media is the one that has its own characteristics of students in groups heterogeneously. In addition students use Puzzle media which contains the nature of rhombus. The purpose of this study to increase interest and achievement of students of class VII-B MTs Manba'ul Hikam using Model Teaching Team Assisted Individualization with Puzzle media on rhombic material. This research is a class action research (CAR). This research was conducted in two cycles, where in each cycle there are four stages of planning, implementation, observation and reflection. The subjects of the study were students of class VII-B with a total of 20 students consisting of 11 female students and 9 male students. The instrument used was a test sheet of learning results used to determine student achievement. The results showed that the use of Team Assisted Individualization learning model with Puzzle media can improve student's learning achievement. This is seen from the test results of learning achievement I increased for 20% of and the results of learning achievement II increased for 80% so that the total increase cycle I and cycle 2 equals to 100%. Keywords :Learning Model Team Assisted Individualization, Puzzle Media, Rhombus, Interest and AchievementOf Learning Mathematics Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa guru Matematika di MTs Manba’ul Hikam masih menggunakan metode ceramah. Sehingga siswa kurang berminat dan merasa bosan dalam proses pembelajaran hal ini berdampak pada menurunnya semangat siswa untuk belajar dan menyebabkan prestasi belajar siswa menurun. Oleh karena itu, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Team Assisted Individualization, dengan media Puzzle sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan media Puzzle merupakan model pembelajaran yang memiliki karakteristik tersendiri yaitu siswa berkelompok secara heterogen. Kemudian siswa menggunakan media Puzzle yang berisikan soal mengenai sifat belah ketupat. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas VII-B MTs Manba’ul Hikam menggunakan Model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan media Puzzle pada materi belah ketupat.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana pada setiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Subyek penelitian adalah siswa kelas VII-B dengan jumlah siswa 20 siswa yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki.Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar yang digunakan untuk menentukan prestasi belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan media Puzzle dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari tes hasil prestasi belajar I meningkat 20% dan hasil prestasi belajar II meningkat 80% sehingga total peningkatan siklus I dan siklus 2 yaitu sebesar 100%. Kata kunci: Model Pembelajaran Team Assisted Individualization, Media Puzzle, Belah Ketupat, Minat Dan Prestasi Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2018 08:11
Last Modified: 12 Sep 2018 08:11
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item View Item