SULAIHAH, SULAIHAH (2024) STUDENTS’ PERCEPTION TOWARD VIDEO TUTORIAL COOKING ON YOUTUBE IN TEACHING WRITING SKILL PROCEDURE TEXT AT ELEVENTH’S GRADE SMA MUTIARA DT SEPULU. STKIP PGRI BANGKALAN.
Text
Artikel Skripsi_sulaihah.pdf Download (295kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian kualitatif ini adalah untuk mengeksplorasi persepsi siswa terhadap Video Tutorial Memasak (VTC) di Youtube dalam mengajar keterampilan menulis teks prosedur dan mengkaji tantangan yang dihadapi oleh siswa saat mempelajari materi teks prosedur. Penelitian dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi melibatkan 5 peserta dari kelas sebelas SMA Mutiara DT Sepulu. Kemudian, peneliti menganalisis data dengan menggunakan metode yang diuraikan oleh Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman, yang melibatkan reduksi data, presentasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan VTC dalam mempelajari materi teks prosedur. Para siswa merasa senang, bersemangat dan terinspirasi untuk belajar Bahasa Inggris di dalam kelas. Implikasinya terletak pada pemahaman mereka dalam menulis teks prosedur yang baik. Mereka dapat menambah kosakata baru dengan mudah melalui gambar dan mendapatkan inspirasi karena terkait dengan pengalaman mereka dalam membuat nasi goreng. Selain itu, ada juga tantangan yang dihadapi siswa saat belajar di dalam kelas, yaitu siswa kesulitan memahami kosakata spesifik atau tidak umum yang digunakan dalam video. Oleh karena itu, mereka memerlukan alat seperti kamus atau yang lainnya untuk membantu menerjemahkannya. Secara keseluruhan, hasil dari studi ini menunjukkan reaksi positif dari penggunaan VTC terhadap keterlibatan dan motivasi siswa dalam mempelajari teks prosedur Bahasa Inggris, meskipun ada beberapa di antara mereka yang tidak mengetahui makna kosakata dalam isi video tersebut. Kata Kunci: Persepsi siswa, Video tutorial memasak, Youtube, Pengajaran menulis siswa, Teks Prosedur. Abstract: The objectives of this qualitative research were to explore the student’s perception toward Video Tutorial Cooking (VTC) on Youtube in teaching writing skill procedure text and examine the challenges they faced by students when learning procedure text material. The research was conducted through interviews and documentation with involving 5 participants of eleventh’ grade SMA Mutiara DT Sepulu. Then, the researcher analyzed the data utilizing the method outlined by Matthew B. Miles and A. Michael Huberman, which involved data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results that students give positive responses of the use VTC in learning procedure text material. The students are feeling happy, excited and inspired to learn English in the classroom. The implication lies in their undestanding of writing good procedure text. They can add new vocabulary easily through pictures and get inspiration because it relates to their experience that how to make fried rice. Besides that, there are also challenges faced by students when learning in the classroom, namely students find it difficult to understand specific or unfamiliar vocabulary used in the video. Therefore, they need tools such as a dictionary or others to help translate it. In conlusion, the result of this study demonstated the positive reaction of use VTC on student engagement and motivation in learning English procedure text, although there are a few of them who don't know the significance of the vocabulary in the content of the video. Keywords: Student’s perception, Video Tutorial Cooking, Youtube, Teaching writing skill, Procedure text
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS |
Depositing User: | S SULAIHAH SULAIHAH |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 03:36 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 03:36 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/3585 |
Actions (login required)
View Item |