PENGARUH KECEMASAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS X MA AL-BUKHARY

ARIMBI ANA CAULA SELASIH, SELA (2024) PENGARUH KECEMASAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS X MA AL-BUKHARY. STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
Artikel Skripsi_Arimbi Ana Caula Selasih_2046611012.pdf

Download (373kB)

Abstract

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi hasil belajar adalah faktor internal siswa, yaitu kecemasan. Kecemasan merupakan gejala normal yang diduga merupakan salah satu faktor penghambat belajar dan dapat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam mengingat, memecahkan masalah, berkonsentrasi, dan membentuk ide. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika kelas X MA Al-Bukhary. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen, dengan pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Sampel penelitian terdiri dari kelas X IPS sebanyak 24 siswa, dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode porpusive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika kelas X IPS Madrasah Aliyah Al-Bukhary, dimana hasil persamaan regresinya yaitu Y ̂=91,650-0,544X. (2) kecemasan siswa berpengaruh sebesar 29.6% terhadap hasil belajar matematika kelas X IPS Madrasah Aliyah Al-Bukhary. Kata kunci: Kecemasan Siswa, Hasil Belajar, Regresi Linier.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: AACS ARIMBI ANA CAULA SELASIH
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:39
Last Modified: 05 Aug 2024 03:39
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/3499

Actions (login required)

View Item View Item