Muharromah, Muharromah (2018) Efektifitas Model Pembelajaran Pair Check Dengan Menggunakan Media Gambar Dalam Materi Menulis Pantun Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Labang Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.
Text
ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
Bab I.docx Download (21kB) |
|
Text
Bab V.docx Download (21kB) |
Abstract
Kata Kunci:Media Gambar, Model Pembelajaran Pair Check Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keinginan siswa dalam menulis pantun. Kesulitan belajar siswa karena adanya berbagai masalah yang mengakibatkan siswa merasa bosan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) aktivitas siswa, (2) respon siswa, (3) hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Pair Check dan media gambar, (4) hasil belajar siswa susudah menggunakan model Pair Check dan media gambar.Untuk itu, tugas guru dalam proses pembelajaran adalah menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, membuat siswa aktif, produktif dan afektif. Sehingga pembelajaran di dalam kelas menjadi lebih mudahsesuai dengan tujuan yang diharapkan. Peneliti mencoba menggunakan model dan media sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check dan media gambar pada materi menulis pantun. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif untuk penganalisisannya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model Pair Checkdan media gambar dapat dikatakan efektif karena mencapai 4 kategori yaitu: aktivitas siswa di kelas dengan hasil 94,1%dalam kategori baik sekali, dan yang menjawab respon siswa 84% hasil yang sudah di presentase dengan nilai sangat baik, hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Pair Check dan media gambar hasilnya baik dengan nilai rata-rata 74, hasil belajar siswa sesudah menggunakan model Pair Check dan media gambar hasilnya sangat baik sekali dengan nilai rata-rata 82. Adanya model dan media dalam pembelajaran dapat menambah pengetahuan baru bagi siswa sehingga minat untuk membuat dan menulis pantun semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id |
Date Deposited: | 03 May 2019 03:26 |
Last Modified: | 03 May 2019 03:26 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/379 |
Actions (login required)
View Item |