ANALISIS ISI KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS NILAI-NILAI PANCASILA DI ERA DIGITALISASI

Irpani, Irpani (2024) ANALISIS ISI KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS NILAI-NILAI PANCASILA DI ERA DIGITALISASI. STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Artikel Skripsi_Irapni.docx

Download (22kB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal penting untuk meningkatkan sumber daya manusia dan membangun bangsa. Pendidikan kewarganegaraan bertujuan menanamkan rasa nasionalisme pada diri setiap warga negara agar mencintai dan memajukan bangsa serta negaranya. Remaja merupakan periode penting dalam pembentukan karakter dan aspirasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pendidikan kewarganegaraan terhadap nasionalisme remaja di Desa Banangkah Kecamatan Burneh. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sampel penelitian adalah remaja berusia 14-18 tahun sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewarganegaraan yang diterima remaja di Desa Banangkah Kecamatan Burneh masih konvensional dan kurang menarik perhatian remaja. Pendidikan ini berpengaruh terhadap tingkat nasionalisme remaja yang masih rendah. Untuk meningkatkan nasionalisme remaja perlu pendekatan pendidikan kewarganegaraan yang lebih bervariasi dan menarik perhatian remaja. Kata kunci: pendidikan kewarganegaraan, nasionalisme, remaja

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PPKN
Depositing User: IRPANI IRPANI IRPANI
Date Deposited: 09 Oct 2024 10:14
Last Modified: 09 Oct 2024 10:14
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/3774

Actions (login required)

View Item View Item