PENERAPAN METODE TAKE AND GIVE DALAM UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X DI MA-AL-HIDAYAH JENGKEBUAN BANGKALAN

Nur Cahya Wulandari, Nur (2024) PENERAPAN METODE TAKE AND GIVE DALAM UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS X DI MA-AL-HIDAYAH JENGKEBUAN BANGKALAN. STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Artikel skripsi nur cahya 2023311016.docx

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MA AL-HIDAYAH Jengkebuan Bangkalan dengan fokus pada kelas XA, karena siswa di kelas ini cenderung lebih memperhatikan saat pembelajaran dibandingkan dengan kelas XB. Namun, meskipun siswa kelas XA lebih memperhatikan, mereka umumnya kurang aktif dan memerlukan perluasan wawasan, terutama dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Dari 35 siswa di kelas XA, hanya beberapa yang tertarik pada mata pelajaran PKn, yang dianggap sulit karena cakupan materi yang luas. Oleh karena itu, perlu menerapkan suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah metode Take And Give dapat membantu proses pembelajaran di kelas sehingga lebih aktif lagi dan apakah metode Take And Give mendukung hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah Reduksi data ,penyajian Data dan Verifikasi data dengan Pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan metode pembelajaran Take and Give memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn, khususnya terkait dengan materi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Peningkatan ini tidak hanya terlihat dalam pemahaman konsep oleh siswa, tetapi juga dalam partisipasi aktif mereka selama proses pembelajaran. Siswa menjadi lebih terlibat dan termotivasi untuk berkontribusi dalam diskusi kelas, serta lebih mudah memahami dan mengingat materi yang diajarkan. Selain itu, metode Take and Give juga membantu dalam menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif, di mana siswa saling berbagi pengetahuan dan ide, sehingga memperkuat pemahaman mereka tentang materi NKRI. Dengan demikian, metode ini tidak hanya meningkatkan hasil akademik, tetapi juga mendorong keterlibatan siswa secara keseluruhan dalam proses belajar mengajar, menjadikannya strategi yang efektif untuk digunakan dalam pengajaran PPKn.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PPKN
Depositing User: NCW NUR CAHYA WULANDARI
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:13
Last Modified: 27 Aug 2024 02:13
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/3679

Actions (login required)

View Item View Item