Nur Hamimah, Hamimah (2024) DIMENSI SOSIAL BUDAYA DALAM RUBRIK POLITIK PORTAL BERITA LINGKAR JATIM. STKIP PGRI Bangkalan.
Text
Nur Hamimah_2034411027_PendidikanBahasaIndonesia_Bahasa_2024.docx Download (32kB) |
Abstract
ABSTRAK Hamimah, Nur. 2024. “Analisis sosial sosial budaya dalam rubrik politik portal berita Lingkar Jatim”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP PGRI Bangkalan, Pembimbing: Dr.Mariam Ulfa M.Pd Kata kunci: analisis wacana, dimensi sosial budaya, situasional, institusional, sosial Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis situasional, analisis institusional dan analisis sosial dalam rubrik politik portal berita Lingkar Jatim. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa wacana yang diambil dari berita politik portal berita Lingkar Jatim dan dianalisis menggunakan metode deskriptif, dan teknik analisis isi untuk mendeskripsikan analisis sosial budaya dalam rubrik politik portal berita Lingkar Jatim. Analisis sosial budaya dalam berita politik portal berita Lingkar Jatim meliputi analisis situasional, analisis institusional dan analisis sosial. Berdasarkan penelitian, analisis sosial budaya dalam rubrik politik portal berita Lingkar Jatim telah ditemukan sebanyak 102 data meliputi 38 data analisis situasional, 35 data analisis institusional dan 29 data analisis sosial. Analisis situasional lebih mendominasi dikarenakan berita politik merupakan respon dari situasi politik yang terjadi, analisis institusional berita melihat pengaruh institusi baik dari internal media maupun eksternal, analisis sosial berita melihat pengaruh sistem yang lebih makro dari masyarakat meliputi sistem sosial, sistem politik dan ekonomi.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA |
Depositing User: | NH NUR HAMIMAH |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 05:00 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 05:00 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/3670 |
Actions (login required)
View Item |