PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP AL ITTIHAD PADA MATERI BALOK DAN KUBUS

Rifaldi, angga (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP AL ITTIHAD PADA MATERI BALOK DAN KUBUS. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
abstrak.doc

Download (28kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB v.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP AL ITTIHAD pada materi balok dan kubus. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah adakah pengaruh pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP AL ITTIHAD tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 18 siswa. Dengan menggunakan teknik purposive sample diperoleh sampel sebanyak satu kelas dengan jumlah siswa 18 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu instrumen Tes hasil belajar pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data siswa pada saat pretest menunjukkan rata-rata siswa memperoleh predikat B sebanyak 2 orang, predikat C sebanyak 2 orang dan memperoleh predikat D sebanyak 14 orang, sedangkan hasil analisis siswa pada saat posttest menunjukkan rata-rata siswa memperoleh predikat B sebanyak 4 orang dan 14 orang memperoleh predikat A dari 18 siswa. Berdasarkan perolehan tersebut dapat dilihat bahwa terdapat terdapat pengaruh pembelajaran contextual teaching learning (CTL). Pengaruh tersebut dapat dilihat dari nilai rata rata hasil belajar menggunakan pembelajaran contextual teaching learning (CTL) dan diperoleh nilai rata rata sebesar 86,4 Kata kunci: Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 24 Apr 2019 07:30
Last Modified: 24 Apr 2019 07:30
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item View Item