PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN SISWA KELAS VII SMP BABUR ROHMAH

ANGGA BAYU PRATAMA, BAYU (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN SISWA KELAS VII SMP BABUR ROHMAH. STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Artikel Skripsi_ Angga Bayu Pratama.docx

Download (55kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas VII dengan materi himpunan.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Babur Rohmah Candi Gili Timur Bangkalan.Sampel yang digunakan dari penelitian ini adalah 22 orang siswa kelas VII di sekolah yang terbagi menjadi 2 kelas.Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi ekperimen.Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Babur Rohmah Candi Gili Timur Bangkalan.Teknik pengumpulan data menggunakan tes,kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas,dan uji hipotesis.Hasil uji Independent sample t-test diperoleh nilai sig (2 tailed) adalah 0,001 < 0,05 sehingga Ho ditolak.Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil pretest dan posttest pada kelas kontrol.Hasil pengujian menggunakan data posttest kelas kontrol dan eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajara Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi himpunan. Kata Kunci: Model pembelajaran contextual teaching and learning,Hasil belajar,Himpunan

Item Type: Other
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: S.Pd ANGGA BAYU PRATAMA
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:12
Last Modified: 11 Sep 2023 06:12
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/2950

Actions (login required)

View Item View Item