THE EFFECT OF COMMUNITY LANGUAGE LEARNING (CLL) ON SPEAKING SKILL IN SENIOR HIGH SCHOOL

Hasanah, Dwi (2023) THE EFFECT OF COMMUNITY LANGUAGE LEARNING (CLL) ON SPEAKING SKILL IN SENIOR HIGH SCHOOL. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
ARTIKEL DWI MAULUDIYA.docx

Download (59kB)

Abstract

Abstrak: Dalam penelitian ini membahas mengenai pengaruh penggunaan metode Pembelajaran Bahasa Komunitas terhadap keterampilan berbicara siswa kelas X dan dilatarbelakangi oleh tidak adanya penggunaan metode kelompok di sekolah dan permasalahan yang dihadapi siswa, terutama dalam berbicara bahasa inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran bahasa komunitas terdapat perbedaan yang signifikan atau tidak terhadap keterampilan berbicara siswa dalam mencakup beberapa hal seperti kosa kata, tata bahasa, pengucapan dan kelancaran. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Mancengan Darussalam tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 23 siswa. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster (non random) sampling. Sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah siswa kelas XA yang berjumlah 11 dan kelas XB yang berjumlah 12. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test yang berfungsi untuk mengetahui keterampilan berbicara yang dimiliki siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa kelas XA dan XB dalam keterampilan berbicara dengan menggunakan metode Community Language Learning (CLL). Hasil penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa kelas XA dan XB dalam keterampilan berbicara dengan menggunakan metode Community Language Learning (CLL). Hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 yaitu 0,041 < 0,05 dan nilai F_hitung > F_tabel yaitu 4,767 > 4,32. Dengan nilai rata-rata hasil dari pre-test dan post-test meningkat yaitu 43,6957 dan 50,8696. Kata Kunci: Pengaruh, Pembelajaran Bahasa Komunitas, Keterampilan Berbicara, Mancengan Darussalam, Recount Teks Abstract: This studied discusses the effect of used the Community Language Learning method on the spoke skills of class X students and is motivated by the absence of the used of the group method at school and the problems faced by students, especially in spoke English. The purpose of this studied was to find out whether or not there is a significant difference in the community language learning method on students spoke skills covering several things such as vocabulary, grammar, pronunciation and fluency. Researcher use a quantitative approach to the type of experimental research. The population in this studied were class X students of SMA Mancengan Darussalam for the 2022/2023 academic year with a total of 23 students. The sampling in this studied used a cluster (non-random) sampling technique. So that in this study the samples used were 11 class XA students and 12 class XB. In this studied, data collection used a pre-test and post-test which functioned to determine students spoke skills before and after being gift treatment.The results of this studied were that there were no significant differences between students of class XA and XB in spoke skills used the Community Language Learning (CLL) method. The results of this studied were that there were no significant differences between students of class XA and XB in spoke skills using the Community Language Learning (CLL) method. The results are obtained from a significance value greater than 0.05, namely 0.041 <0.05 and the value of F_count > F_table, namely 4.767 > 4.32. With the average value of the results of the pre-test and post-test increased, namely 43.6957 and 50.8696. Keywords: Effect, Community Language Learning, Speaking Skills, Mancengan Darussalam, Recount Text

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Depositing User: S.Pd DWI MAULUDIYA MUIZDHOTUL HASANAH
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:50
Last Modified: 29 Aug 2023 07:50
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/2879

Actions (login required)

View Item View Item