PROSES KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI TINGKAT PERBEDAAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

ISHMATUL ULYA, ULYA (2023) PROSES KOGNITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI TINGKAT PERBEDAAN KEMAMPUAN MATEMATIKA. STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
artikel ulya.docx

Download (38kB)

Abstract

Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dipengaruhi oleh perbedaan tingkat kemampuan matematika. Sebagaimana diketahui bahwa setiap siswa mempunyai kemampuan berbeda-beda. Ada yang memiliki kemampuan tinggi dan ada yang berkemampuan sedang ataupun rendah. Dataayang dikumpulkannberupa datakkualitatif, yaitu berupaakata-kataa dari subjekyyang diperolehhmelalui wawancara. Denganndemikiann penelitiann inii merupakann jeniss penelitian deskriptif kkualitatif.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa proses kognitif siswa yang berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah aljabar, cenderung lebih analisis dan lebih teliti. Namun terdapat perbedaan pada siswa yang berkemampuan matematika sedang dan rendah, siswa yang berkemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah kurang teliti dan ragu-ragu dalam menyampaikan argumen mengenai langkah-langkah yang digunakan. Sedangkan siswa yang berkemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah terdapat kesamaan dengan siswa yang berkemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah aljabar, tetapi terdapat perbedaan dalam proses akhir dalam memecahkan masalah. Kata kunci: proses kognitif, kemampuan matematika

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: S.Pd ISHMATUL ULYA
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:33
Last Modified: 31 Aug 2023 04:33
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/2816

Actions (login required)

View Item View Item