Nofia Alfa Rizky, Nofia and Hefi Rusnita Dewi, Hefi and Nur Aini S, Nur (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN ALAT PERAGA EDUKATIF MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA DI SMP AN-NUR FUADI BANGKALAN. STKIP PGRI Bangkalan.
Text
Artikel Skripsi STKIP Nofia Alfa Rizky.docx Download (75kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning (PjBL) dengan alat peraga edukatif pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada siswa kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP An-Nur Fuadi Bangkalan. Objek dari penelitian ini adalah 14 orang siswa kelas VIII di sekolah tersebut. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini ada 4 yaitu kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik, dimana hal ini ditunjukkan dengan perolehan persentase ≥80%. Persentase respon siswa terhadap pembelajaran model Project Based Learning dengan alat peraga edukatif juga efektif, hal ini ditunjukkan bahwa 86% dari total 14 siswa kelas VIII di sekolah tersebut memberikan respon positif terhadap penerapan model Project Based Learning dengan alat peraga edukatif. Hasil tes belajar siswa yang juga telah tuntas secara klasikal dimana 12 siswa atau 85,71% siswa telah mencapai kriteria ketuntasan maksimal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Project Based Learning menggunakan alat peraga edukatif pada materi SPLDV efektif diterapkan pada siswa di SMP An-Nur Fuadi Bangkalan.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | S.Pd NOFIA ALFA RIZKY |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 06:39 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 06:39 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/2763 |
Actions (login required)
View Item |