Masrifah, Masrifah (2018) Berjudul “Efektivitas Media Audio-visual Pada Anak Usia Dini di TK Rahmat Mustofa dalam Upaya Melatih Kemampuan Berbicara Siswa. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.
Text
ABSTRAK.docx Download (12kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (20kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (17kB) |
Abstract
MASRIFAH. 2018. Berjudul “Efektivitas Media Audio-visual Pada Anak Usia Dini di TK Rahmat Mustofa dalam Upaya Melatih Kemampuan Berbicara Siswa”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Bangkalan Pembimbing I : Sakrim., M.Pd. pembimbing II : Buyung Pambudi., M.Si. Kata Kunci : Efektivitas, Media, Audio-visual, Pembelajaran, Berbicara. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berbicara siswa khususnya kemampuan bercerita anak usia dini di TK Rahmat Mustofa sehingga siswa di TK Rahmat Mustofa sulit untuk menyampaikan cerita kembali yang telah disampaikan sang pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan yang berkaitan dengan tema pelajaran. Oleh sebab itu, untuk mengembangkan kemampuan siswa pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Audio-visual pada pembelajaran untuk melatih kemampuan berbicara siswa khususnya kemampuan bercerita di TK Rahmat Mustofa, desa Keleyan, Socah. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : 1) Kemampuaan bercerita bahasa Indonesia anak usia dini di TK Rahmat Mustofa, 2) Tingkat efektivitas penggunaan media pembelajaran Audio-visual pada kemampuan bercerita bahasa Indonesia anak usia dini di TK Rahmat Mustofa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian kuantitatif merupakan jenis penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, di dalam instrumen penelitian terdapat kisi-kisi penilaian dan uji validitas tes untuk menilai kemampuan berbicara siswa khususnya kemampuan bercerita. Analisis data bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis penelitian yang telah ditetapkan. Hasil penelitian adalah sebagai bahan perbandingan, terdapat analisis data hasil belajar siswa secara statistik sebelum dan sesudah penggunaan media Audio-visual yakni terdapat di tabel 2.2 dengan rata-rata hasil belajar siswa 66 saat pretest dan 70 pada saat postest. Berdasarkan hasil penelitian pada tabel hasil belajar uji “t” dapat dideskripsikan perkembangan tingkat efektivitas hasil belajar siswa terhadap penggunaan media Audio-visual pada kemampuan berbicara siswa khususnya kemampuan bercerita di TK Rahmat Mustofa Kelompok A secara sistematis, dari perhitungan melalui uji “t”dapat dilihat t hitung lebih besar dari pada t tabel hitung = 1,85, sedangkan t tabel = 1,77 dengan “t” pada taraf signifikan 5%. Sedangkan t tabel = 1,35 pada tabel “t” pada taraf signifikan 1%. Hal ini berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah digunakannya media Audio-visual.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id |
Date Deposited: | 20 Feb 2019 06:37 |
Last Modified: | 20 Feb 2019 06:37 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/236 |
Actions (login required)
View Item |