Pengaruh Minat Belajar dan Kedisiplinan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV di UPTD SD Negeri Pakaan Dajah Galis

Faradila, Uus (2022) Pengaruh Minat Belajar dan Kedisiplinan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV di UPTD SD Negeri Pakaan Dajah Galis. Other thesis, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

[img] Text
artikel uus faradila fixxxxx.docx

Download (39kB)

Abstract

Faradila, Uus, 2022. Pengaruh Minat Belajar dan Kedisiplinan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di UPTD SD Negeri Pakaan Dajah Galis. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing: (1) Miranti Widi Andriani, M.Pd, dan (II) Ihwan Firmansyah, M.Pd Kata Kunci: Minat Belajar, Kedisiplinan, Kemampuan Berpikir Kritis Minat belajar adalah tindakan memperhatikan, menerima dan melakukan sesuatu yang dianggap penting baginya tanpa ada yang menyuruh atau memaksanya. Disiplin belajar adalah kesadaran seseorang dan juga ketersediaan untuk mengikuti semua aturan dan norma yang ada. Berpikir kritis yaitu berpikir secara logis dan tujuannya untuk membuat keputusan-keputusan yang masuk akal, melalui proses ilmiah yang sistematis meliputi kegiatan menganalisis, mengenal permasalahan dan pemecahannya, menyimpulkan permasalahan dan mengevaluasi. Permasalahan yang ditemukan di UPTD SD Negeri Pakaan Dajah adalah masalah minat belajar dan kedisiplinan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini mengkaji bagaimana pengaruh minat belajar dan kedisiplinan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh minat belajar dan kedisiplinan terhadap kemampuan kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dari seluruh siswa kelas IV sebanyak 24 siswa yang merupakan populasi penelitian, sampel penelitian ini sebanyak jumlah populasi siswa kelas IV di UPTD SD Negeri Pakaan Dajah, peneliti menggunakan empat teknik analisis data: validitas, reliabilitas, normalitas dan regresi linier berganda. Menurut hasil penelitian penulis dari linieritas berganda, minat belajar siswa di UPTD SD Negeri Pakaan Dajah ini mempunyai pengaruh 0,001 terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Sedangkan kedisiplinan tidak terdapat pengaruh 0,535 > 0,05 terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di UPTD SD Negeri Pakaan Dajah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: UUS FARADILA
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:08
Last Modified: 12 Sep 2022 07:08
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1819

Actions (login required)

View Item View Item