PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM di SDN MANERON 01

firdaus, muhammad (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM di SDN MANERON 01. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
MUHAMMAD FIRDAUS_1748811018_PGSD_2021(1).docx

Download (45kB)

Abstract

ABSTRAK Firdaus, Muhammad. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Spmatist-Audiotori-Visual, Intelektual) Pada Materi IPA tanaman ijau Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing: (I) Zainal Arifin, M.Pd. dan (II) Miranti Widi Andriani, M.Pd. Kata-Kata Kunci: Model SAVI(Spmatist-Audiotori-Visual, Intelektual), hasil belajar, IPA. Penelitian ini secara umum mengarah pada Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh atau tidaknya model pembelajaran savi terhadap hasil belajar, jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan dua kelompok variabel sebagai respondennya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif menngunakan metode SAVI (Somatic–Auditory–Visuali–Intellectual). Serta responden sebanyak 32 siswa. Peneliti juga menggunakan Uji Validitas, Reanilitas, Homogenitas serta uji hipotesis menggunakan T test dengan dengan bantuan aplikasi SPSS For windows 21 pada tangggal 5-12 April serta lokasi penelitian Kelas V Di SDN Maneron 01 tahun ajaran 2020/2021 Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran menggunakan metode SAVI terhadap kemempuan belajar siswa kelas V di SDN Maneron 01 hal ini bisa dilihat dari rata-rata hasil postest yang diperoleh siswa setelah melakukan pembelejaran menggunakan metode SAVI lebih tinggi dibandingkan nilai pretest sebelum diterapkan metode SAVI dengan persentase 37,5% atau sebanyak 12 siswa mendapat nilai 70 atau lebih, setelah dilakukan tindakan menggunakan metode SAVI yang mendapat nilai 70 atau diatasnya sebanyak 90,6% atau 29 orang siswa. Selain itu digunakan perhitungan uji t- test menggunakan SPSS 21 hasil yang diperoleh sig. (2-tailed) 0.000 < 0.5 maka dapat diambil kesimpilah bahwa H0 ditolak dan H1 diterima ini berarti menggunakan metode SAVI berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA kelas V SDN MANERON 01.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: muhammad firdaus
Date Deposited: 18 Nov 2021 02:30
Last Modified: 18 Nov 2021 02:30
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1303

Actions (login required)

View Item View Item