AMALIA KURNIAWAN, WITA (2021) PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS DI MA AL-HIDAYAH. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.
Text
wita amalia K_1722211072_Jurnal.docx Download (51kB) |
Abstract
Penelitian ini dibuat bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pendidikan karakter dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS di MA Al-Hidayah, Dengan metode peneitian kuantitatif sedangkan Populasi dalam penelitian ini yaitu 32 siswa yang merupakan keseluruhan dari siswa kelas X IPS di MA Al-Hidayah dan menggunakan keseluruhan populasi yang ada. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) pendidikan karakter berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan nilai sebesar 0,000 dan nilai Thitung sebesar 7,107 lebih besar dari Ttabel 2,04523 (7,107 > 2,04523). (2) lingkungan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan nilai sebesar 0,000 dan nilai Thitung sebesar 4,015 lebih besar dari Ttabel 2,04523 (4,015 > 2,04523). (3) terdapat pengaruh positif secara simultan atau bersama-sama antara Pendidikan Karakter dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 80,478, sedangkan Ftabel pada tingkat signifikansi 0,05 dengan df untuk regresion 2 dan df untuk residual 29, maka diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel (80,478 > 3,33). Kata-kata kunci: pendidikan karakter, lingkungan belajar dan prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | wita amalia kurniawan |
Date Deposited: | 17 Nov 2021 05:18 |
Last Modified: | 17 Nov 2021 05:18 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1285 |
Actions (login required)
View Item |