PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, STATUS EKONOMI ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT STUDI LANJUT KE PERGURUAN TINGGI SISWA/SISWI KELAS XII DI DESA BANANGKAH TAHUN AJARAN 2019/2020

AZIS, ABDUL (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, STATUS EKONOMI ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT STUDI LANJUT KE PERGURUAN TINGGI SISWA/SISWI KELAS XII DI DESA BANANGKAH TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img]
Preview
Image
abdul aziz 001.jpg

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Image
abdul aziz 002.jpg

Download (784kB) | Preview

Abstract

Azis, Abdul. 2020. Pengaruh Motivasi Belaja, Status Ekonomi Orang Tua, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Lanjut Ke Perguruan Tinggi Siswa/Siswi Kelas Xii Di Desa Banangkah Tahun Ajaran 2019/2020. Kata Kunci: Minat Studi Lanjut, Motivasi Belajar, Status Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Sosial Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Motivasi Belajar, Status Ekonomi Orang Tua,Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Studi Lanjut Ke Perguruan Tinggi Siswa/Siswi Kelas Xii Di Desa Banangkah Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi pada penelitian ini adalah penduduk desa Banangkah sekolah SMA,MA,SMK dan sederajat yang sudah kelas XII yaitu sebanyak 60 siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Variabel Moptivasi Belajar menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,001 dapat dikatakan bahwa Sig.c0,05 > dari 0,000 yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti Motivasi Belajar signifikan terhadap Minat Studi Lanjut. Selanjutnya membandingkan t hitung dan t tabel nilai t hitung Motivasi Belajar sebesar 3.615. Untuk t tabel sebesar 2,060, karena nilai t hitung > t tabel (3,615)>(2,060), berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh positif signifikan terhadap minat studi lanjut (2) Variabel Status Ekonomi orang tua menunjukkan nilai signifikasn sebesar 0,000 dapat dikatakan bahwa Sig. 0,05> dari 0,000 yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Ini berarti Status ekonomi orang tua signifikan terhadap Minat studi lanjut. Selanjutnya membandingkan t hitung dan t tabel nilai t hitung Status Ekonomi Orang sebesar 5.218. Untuk t tsbel debesar 2,060, karena nilai t hitung > t table (5,218) > (2,060), berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh positif signifikan Minat Studi lanjut. (3) Variabel Lingkungan Sosial menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 dapat dikatakan bahwa Sig. 0,05 > 0,000 yang berrati bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Ini berarti Variabel Lingkungan social signifikan terhadap Minat Studi lanjut. Selanjutnya membandingkan t hitung dan t table nilai t hitung Pelayanan sebesar 5.472. Untuk t tabel sebesar 2,060, karena nilai t hitung > t tabel (5,289) > (2,060), berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh positif signifikan terhadap Minat Studi lanjut., (4)v Hasil uji statistic nilai F hitung 192.088 > F tabel 2,759. Artinya terdapat pengaruh positif secara simultan antara variabell Motivasi Belajar (X1), Status Ekonomi Orang Tuaq (X2), Lingkungan Sosial (X3) terhadap Minat Studi Lanjut (Y). Pada tabel diatas juga menunjukkan nilai significant sebesar 0,000 yang berarti bahwa, 0,000 < dari 0,05. jadi dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh positife signifiocant secara simultan antara variabel, Motivasi Belajar (X1), Status Ekonomi Orang Tuaq (X2), Lingkungan Sosial (X3) terhadap Minat Studi Lanjut (Y).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: editor1 perpustakaan
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:50
Last Modified: 02 Nov 2021 03:50
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item View Item