PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN POKOK EKONOMI SISWA KELAS VII MTs IRSYADUL ANAM TELLOK GALIS TAHUN AJARAN 2020

MARWAH, (2020) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN POKOK EKONOMI SISWA KELAS VII MTs IRSYADUL ANAM TELLOK GALIS TAHUN AJARAN 2020. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img]
Preview
Image
marwah 001.jpg

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Image
marwah 1 eko 001.jpg

Download (578kB) | Preview

Abstract

Marwah 2020.Pengembangan media mobile learning berbasisi android pada pelajaran IPS materi kegiatan pokok ekonomi siswa kelas VII MTs Irsyadul Anam Tellok Galis Bangkalan pembimbing (I)Dr.Manah Tarman,MSi (2)Ikia Lis Mariatul,M.Pd Kata-Kunci:Mobile,Android,kegiatan pokok ekonomi. penelitian ini merupakan penelitian pengenmbangan (research and development)produk media berupa mobile learning berbasis Android pada pelajaran IPS materi pkok ekonomi dikelas VII MTs irsyaduk Anam Tellok Galis Bnagkaln.Penelitian ini bertujuan untuk 1)mengembangkan media pembelajaran mobile learning berbasis Android materi kegiatan pokok ekonomi untuk siswa MTs,2)mengetahui kelayakan media pembelajaran mobile learning berbasis Android pada materi kegiatan pokok ekonomi untuk siswa MTs,3)Mengetahui peningkatan pemahaman iswa MTs,pada materi kegiatan poko ekonomi dengan menggunakan mobile learning berbasis Android. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model Four-D yang terdiri dari tahap define,design dan disseminate.Pada tahap dofine dilakukan nalisis kebutuhan,Analisis kebutuhan,Analisis siswa,analisis tugas,analisis konsep, dan spesifikasi tujuan.pada tahap design dilakukan penyusunan tes,pemilihan media, pemilihan format,dan rancangan awal. pada tahap devolp dilakukan penilaian para ahli yang terdiri dari ahli materi,ahli media, ahli bahasa dan praktis serta uji pengembangan.pada tahap disseminate dilakukan uji validasi dan penyebaran. Berdasarkan penilaian ahli materi,ahli media,ahli bahasa,dan praktis,skor rata-rata aspek materi adalah sebesar 4,5(sangat Layak),aspek media sebsar 4,2 siswa pada uji pengenbangan menunjukkan bahwa rata-rata aspek rekayasa perangkat lunak sebsar 4,58(sangat layak).Aspek desaian pembelajaran sebesar 4,8(sangat layak),dan aspek komunikasi visual sebesar 4,7 (Sangat layak). Hasil uji validasi untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa yang dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest diperoleh nilai gain sebesar 10,97 (Tinggi).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: editor1 perpustakaan
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:53
Last Modified: 26 Oct 2021 03:53
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/951

Actions (login required)

View Item View Item