FINA, NUR (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.
|
Image
NUR.1 MTK.jpg Download (2MB) | Preview |
|
|
Image
NUR.MTK.jpg Download (2MB) | Preview |
Abstract
Nur Fina. (2020) efektivitas model pembelajaran STAD dengan strategi everyone is a theacher here terhadap kemandiriran belajar dan pemahaman konsep matematika siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Bangkalan.Pembimbing : (I) Dr. Dwi Ivayana Sari, M.Pd (II) Ria Faulina, M.Si. Kata - kata kunci model STAD dengan strategi everyone is a theacher here, kemandirian belajar, pemahaman konsep, pembelajaran matematika. Kemandirian belajar dan pemahaman konsep pada pembelajaran matematika memiliki peran yang sangat penting bagi siswa. karena pada dasarnya dalam pembelajaran matematika, siswa harus mampu memahammi konsep dasar materi yang disampaikan oleh guru. Jadi siswa harus dibiasakan dan dilatih untuk belajar secara mandiri agar lebih mudah dalam memahami suatu konsep. Salah satu caranya yaitu pada saat proses pembelajaran dan penggunaan model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center), dimana siswa dituntut untuk lebih aktif. Namun, di SMPS Al Hikam, penerapan model pembelajaran Student Center masih kurang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk :Mendaskripsikan kemmapuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD dengan strategi everyone is a theacher here,mendeskripsikan aktifitas siswa saat diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan strategi everyone is a theacher here,mendeskripsikan kemandirian dan pehaman konsep matematika siswa saat diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD dengan strategi everyone is a theacher here,mengetahui apakah kemandirian dalam belajar pemahaman konsep matematika siswa saat diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD dengan strategi everyone is a theacher here lebih baik daripada kemandirian belajar siswa yang diajar dengaqn pembelajaran konvensional. Jenis penilitian experimen dengan desain penilitian pretest-posttest control grup design.menggunakan 2 kelas yaitu kelas VIII A Sebagai kelas Eksperimen dan Kleas VIII B Sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,diantaranya observasi kemampuan guru dalam mengolala pembelajaran,aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran pemberian angket,pemberian pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol.untuk Analisis data,penelitian ini menggunakan Analisis Statistik deskriptif dan Analisis statistik inferensial.Karena adanya pandemi covid-19 ,tidak dapat melakukan penelitian kesekolah.peniliti membuat video simulasi pembelajaran yang berdurasi kurang lebih 5 menit.video simulasi dapat dilihat pada link https://youtu.be/v5s1ev1Pm1I Untuk pembelajaran I dan link https://youtu.be/hY2yzOfQ-VM Untuk pembelajran II Adapun temuan dari penilitian ini adalah kelebihan model pembelajaran STAD dengan strategi everyone is a theacher here yaitu ;dapat memperbaiki kemampuan guru dalam membimbing siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran dan dapat memperbaiki kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran secara inkuiri.Kekurangan model pembelaran STAD dengan strategi everyone is a theacher here yaitu membutuhkan waktu yang cukup lama,dam memerlukan kemampuan khusus dari guru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | editor1 perpustakaan |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 04:00 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:00 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/934 |
Actions (login required)
View Item |