EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING PADA MATERI SEGITIGA

FATHUROZI, MOHAMMAD (2020) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING PADA MATERI SEGITIGA. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img]
Preview
Image
MOHAMMAD 1 MTK.jpg

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Image
MOHAMMAD MTK.jpg

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mohammad Fathurozi.2020 Efektivitas penerapan model pembelajaran scaffolding pada materi segitiga Skripsi.Program Studi pendidikan Matematika ,STKIP PGRI Bangkalan Pembimbing (I)Bapak Zainudin M.Pd(II)Ibu.Dr Dwi Ivana Sari,M.Pd. Kata-Kata Kunci Model Scaffolding,segitiga Hasil belajar dapat disebut sebagai kriteria untuk melihat hasil dari proses pembelajaran sudah berjalan dengan baik atau tidak.Pada pembelajaran matematika siswa tepatnya di Smp Negri 1 Arosbaya,hasil belajarnya masih tergolong rendah.Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih bwerpusat pada guru dan kurangnya penggunaan media pembelajaran basis IT yang memudahkan siswa untuk memahami materi.Tujuan penelitian ini yaitu untuk:1)menegtahui Efektivitas Model pembelajaran Scaffolding terhadap hasil belajar siswa,2)untuk mengetahui respon siswa setelah diterapkannya Model pembelajaran Scaffolding terhadap hasil belajar siswa 3)Untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru saat mengelola pembelajaran menggunakan Model pembelajaran Scaffolding. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitaf,populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negri 1Arosbaya ,dan kemudian diambil sampel secara random yaitu kelas VIIa dan VIIb.Untuk mencapai tujuan penelitian maka teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah pemberian es tes bentuk essay,angketdan observasi.Instrumen yang digunakan diantaranyap:1)lembar tes hasil belajar siswa,2)lembar angket respon siswa,3)lembar observasi kemampuan guru saat mengelola pembelajaran.Sesuai dengan deskriptif.Analisis statistik deskrptif digunakan untuk menganilisis data dengan cra mendeskripsikan atau menggambarkan dta yang telah terkumpul sebagaiman adnya tanpan bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk generalisasi. Namun,karena adanya pandemic covid-19,maka penilitian ini tidak dapat dilakukan langsung disekolah tujuan.Berdasarkan hasil para peneliti sebelumnya menunjukkan bahwa Efektivitas Penerapan Model pembelajaran Scaffolding pada materi segitiga sangat efektif untuk memperbaiki hasil belajar siswa dan respon siswa juga berada pada kategori baik.Namun disarankan bagi peniliti lain untuk melakukan penilitian lebih lanjut mengenai Efektivitas Penerapan Model pembelajaran Scaffolding pada materi segitiga terhadap hasil Belajar Siswa,respon siswa setelah diterapkan Model pembelajaran Scaffolding pada materi materi segitiga dan bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajran dikelas mengunakan Model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PPKN
Depositing User: editor1 perpustakaan
Date Deposited: 26 Oct 2021 04:13
Last Modified: 26 Oct 2021 04:13
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/927

Actions (login required)

View Item View Item