PROSES KOGNITIF MAHASISWA BERKEMAMPUAN TINGGI DENGAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DALAM MEMBUKTIKAN GRUP

Listiawati, Enny (2017) PROSES KOGNITIF MAHASISWA BERKEMAMPUAN TINGGI DENGAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DALAM MEMBUKTIKAN GRUP. Jurnal Pendidikan Matematika Apotema, 3 (2). pp. 31-44. ISSN 2580-9253

[img] Text
Proses Kognitif Mahasiswa Berkemampuan Tinggi Dengan Gaya Kognitif FI .pdf

Download (326kB)
Official URL: http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/in...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kognitif mahasiswa yang berkemampuan matematika tinggi dalam membuktikan grup ditinjau dari gaya kognitif field independen. Subjek penelitian ini adalah 1 mahasiswa calon guru program studi pendidikan matematika yang berkemampuan tinggi dengan gaya kognitif field independent. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode tes dan wawancara terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian ini adalah subjek dengan gaya kognitif Field Independent dalam proses kognitif rememberring mengingat tentang grup, sifat-sifat grup dan grup abelian. Dalam proses kognitif understanding subjek menjelaskan definisi grup lengkap dengan himpunan dan operasi binernya serta menyebutkan beberapa contoh operasi biner. Pada komponen proses kognitif applying subjek menjelaskan langkah membuktikan grup abelian setiap langkap dengan rinci dan detail mulai dari sifat tertutup, assosiatif, elemen identitas, invers, komutatif. Kata Kunci : Proses Kognitif, Grup, Gaya Kognitif Field Indpendent

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Enny Listiawati
Date Deposited: 25 Apr 2020 15:13
Last Modified: 25 Apr 2020 15:13
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/669

Actions (login required)

View Item View Item