Listiawati, Enny (2017) PROSES KOGNITIF MAHASISWA BERKEMAMPUAN TINGGI DENGAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DALAM MEMBUKTIKAN GRUP. Jurnal Pendidikan Matematika Apotema, 3 (2). pp. 31-44. ISSN 2580-9253
Text
Proses Kognitif Mahasiswa Berkemampuan Tinggi Dengan Gaya Kognitif FI .pdf Download (326kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kognitif mahasiswa yang berkemampuan matematika tinggi dalam membuktikan grup ditinjau dari gaya kognitif field independen. Subjek penelitian ini adalah 1 mahasiswa calon guru program studi pendidikan matematika yang berkemampuan tinggi dengan gaya kognitif field independent. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode tes dan wawancara terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian ini adalah subjek dengan gaya kognitif Field Independent dalam proses kognitif rememberring mengingat tentang grup, sifat-sifat grup dan grup abelian. Dalam proses kognitif understanding subjek menjelaskan definisi grup lengkap dengan himpunan dan operasi binernya serta menyebutkan beberapa contoh operasi biner. Pada komponen proses kognitif applying subjek menjelaskan langkah membuktikan grup abelian setiap langkap dengan rinci dan detail mulai dari sifat tertutup, assosiatif, elemen identitas, invers, komutatif. Kata Kunci : Proses Kognitif, Grup, Gaya Kognitif Field Indpendent
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | Enny Listiawati |
Date Deposited: | 25 Apr 2020 15:13 |
Last Modified: | 25 Apr 2020 15:13 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/669 |
Actions (login required)
View Item |