Perbedaan Model Pembelajaran NHT(Numbered Heads Together) Dengan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas VIII Di Smp Islam Nurul Imam Klampis.

Hakim, lukman (2018) Perbedaan Model Pembelajaran NHT(Numbered Heads Together) Dengan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas VIII Di Smp Islam Nurul Imam Klampis. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
abstrak.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
bab V.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan hasil belajar PKn siswa dengan menggunakan model pembelajaran NHT(Numbered Heads Together) Dengan Pemecahan Masalah (Problem Solving). Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu dengan menitik beratkan pada pengujian hepotesis dengan menggunakan teknik analisis statistik yaitu uji “t” (Uji Beda). Menggunakan data primer yaitu data yang dicari sendiri oleh peneliti karena tidak ada yang menyediakan dan data skunder yaitu data yang sudah tersedia teknik pengumpulan datanya dengan cara sekunder yaitu data yang sudah tersedia teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi langsung, pada kelas VIII (A-B) SMP Islam Nurul Imam Klampis, dokumentasi, wawancara, dan pemberian tes setelah penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Togheter) di kelas VIII-A sedangkan model Penbelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving) di kelas VIII-B. Temuan hasil penelitian yaitu nilai rata – rata hasil belajar ilmu pendididkan kewarganegaraan (PKn) pada kelas VIII-A yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Togheter) 83,17 dan rata – rata hasil belajar kelas VIII-B dengan menggunakan model pembelajaran pemecahan masalah (problem solving)79,44 dengan nilai thitung =6,78 dan ttabel =2,10 maka thitunglebih kecil dari ttabel (20,10> -6,78) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima jadi kesimpulannya terdapat perbedaan model pembelajaran HNT (Numbered Heads Togheter) dan model pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving) yaitu model pembelajaran menekankan terselesainya suatu masalah secara bernalar sedangkan sedangkan Model pembelajaran NHT (Nubered Heads Togheter) yaitu model pembelajaran menekankan pada diskusi kelompok kemudian memberikan nomer pada masing – masing siswa serta pemberian pertanyaan sesuai dengan nomer yang ditunjuk oleh guru. Kata kunci : Numbered Heads Togheter (NHT), pemecahan masalah (problem solving), hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PPKN
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 10 May 2019 04:35
Last Modified: 10 May 2019 04:35
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item