Efektivitas Pendekatan Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Dengan Menggunakan Media Kartu Bergambar Dalam Menulis Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Asrol Ulum Tahun Pelajaran 2017/2018

Mubaroq, sulaihatul (2018) Efektivitas Pendekatan Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Dengan Menggunakan Media Kartu Bergambar Dalam Menulis Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Asrol Ulum Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
abstrak.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (20kB)
[img] Text
bab V.docx

Download (17kB)

Abstract

Kata Kunci: Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together), Media Kartu Bergambar Penelitian ini dilatar belakangi bahwa satu diantara komponen penting dalam pembelajaran untuk mencapai keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran adalah komponen strategi belajar mengajar. Guru harus mampu memilih strategi, model dan media pembelajaran yang tepat karena penggunaan model dan media pembelajaran merupakan salah satu langkah proses pembelajaran yang harus dipersiapkan dan dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana aktivitas, respon, hasil sebelum dan sesudah siswa pada penerapan pendekatan kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan menggunakan media kartu bergambar dalam menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Asrol Ulum tapel 2017/2018?. Dalam penelitian Efektivitas Pendekatan Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dengan Menggunakan Media Kartu Bergambar dalam menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Asrol Ulum melalui pendekatan metode kuantitatif. Metode ini sebagai metode ilmiah atau scientific, karena telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yaitu konkrit atau empiris, objektif, terukur, rasional dan sistematis. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Hasil analisis yang telah ditemukan dalam rumusan masalah diatas dapat disimpulkan yaitu hasil respon yang diperoleh siswa selama menggunakan model dan media pembelajaran di kelas sebanyak 85%. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung memperoleh hasil 93%. Hasil sebelum menggunakan model dan media pembelajaran memperoleh hasil rata-rata 62 dengan kriteria kurang baik. Sedangkan hasil sesudah menggunakan model dan media pembelajaran memperoleh hasil rata-rata 87 dengan kriteria baik. Dengan demikian dapat diketahui bahwasannya hasil penilaian yang diperoleh sebelum dan sesudah menerapkan model pendekatan kooperatif tipe NHT dan media kartu bergambar mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 03 May 2019 03:56
Last Modified: 03 May 2019 03:56
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item View Item