Efektivitas Pembelajaran Drama Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas VIII G SMPN 1 Tanjung Bumi

Hasanah, nur (2018) Efektivitas Pembelajaran Drama Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas VIII G SMPN 1 Tanjung Bumi. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB 1 FIX AMIN.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB 5 FIX AMIN.docx

Download (20kB)

Abstract

Kata Kunci: Efektivitas,Pembelajaran Drama, Bermain Peran Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran drama dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas VIII G SMPN 1 Tanjung Bumi. Model pembelajaran yang digunakan di SMPN 1 Tanjung Bumi yaitu metode ceramah, sehingga peneliti tertarik dengan menggunakan model pembelajaran bermain peran. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Variabel yang dgunakan dalam penelitian ini yaitu variabel terikat dan variabel bebas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIG. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal essay. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah distribusi t. Hasil penelitian efektivitas pembelajaran drama dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas VIII G SMPN 1 TANJUNG BUMI berdasarkan analisis angket respon siswa terhadap penerapan metode bermain peran (role playing) dalam pembelajaran drama diberikan pada akhir pelaksanaan. Dengan diterapkannya metode bermain peran proses pembelajaran menjadi sangat menyenangkan, angket yang diberikan kepada siswa dengan hasil presentase 99% pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran siswa lebih faham dan efektif untuk diterapkan pada pembelajaran drama. Data keseluruhan persentase yang didapatkan pada butir pertanyaan pada lembar angket maka hasil rata-rata penelitian ini yaitu 92%. Respon positif yang di berikan siswa terhadap penerapan bermain peran dalam pembelajaran drama dapat disebabkan karena faktor kejenuhan siswa yang selalu mendapatkan metode konvensional saja dikelas dan hal itu dirasakan hampir disetiap mata pelajaran. Selain itu, respon positif siswa terhadap pembelajaran drama dengan menggunakan metode bermain juga dapat disebabkan karena adanya bertukar pikiran antara yang satu dengan yang lain saling mengadu pendapat mereka masing-masing sehingga membuat siswa aktif dikelas dan pada akhirnya dapat memotivasi siswa untuk lebih tekun dalam belajar. Berdasarkan analisis data bahwa metode bermain peran (role playing) pada pembelajaran drama dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional yang membuat siswa cepat bosan dan kurang semangat dalam belajar. Sebagai bahan perbandingan terhadap analisis data hasil belajar siswa secara statistik pada tabel sebelum diterapkan metode bermain peran (role playing) dengan pemerolehan rata-rata 75,9 sedangkan sesudah menerapkan metode bermain peran (role playing) dalam pembelajaran drama nilai siswa meningkat, dapat dilihat pada tabel sesudah diterapkan metode bermain peran (role playing) dengan pemerolehan rata-rata 86,5. Pembelajaran drama dalam metode bermain peran (role playing) mendapatkan efek yang baik terhadap siswa SMPN 1 Tanjung Bumi. Hal tersebut dapat dilihat pada tabel efektivitas bahwa dari hasil perhitungan t tersebut dapat dilihat t hitung lebih besar dari pada t tabel, karena t hitung= 14,32 sedangkan t tabel pada taraf signifikan 5% adalah 2,763 sedangkan pada t tabel pada taraf signifikan 1% adalah 2,467 Ini berarti bahwa hipotesis (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 03 May 2019 03:23
Last Modified: 03 May 2019 03:23
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item