PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF DENGAN METODE STRUKTURAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI UPTD SD NEGERI BUDURAN 1 KECAMATAN AROSBAYA KABUPATEN BANGKALAN

MOH ANAS HENDRI AZIZ, ANAZ PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF DENGAN METODE STRUKTURAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI UPTD SD NEGERI BUDURAN 1 KECAMATAN AROSBAYA KABUPATEN BANGKALAN. STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
ARTIKEL ANAS.pdf

Download (317kB)

Abstract

Pada dasarnya, anak-anak belajar berinteraksi dengan orang lain dengan berbagai cara, tetapi ada beberapa kebiasaan yang umum bagi setiap anak. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil pembelajaran keterampilan berbahasa, seorang guru harus memiliki kemampuan untuk menggunakan model, metode, teknik, dan strategi tertentu yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara melalui pendekatan kooperatif dengan metode struktural pada pembelajaran bahasa Indonesia di UPTD SD Negeri Buduran 1 Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan. Metode yang digunakan peneliti yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini berdasarkan pada siklus I siswa yang mencapai indikator ketuntasan atau keberhasilan terdapat 5 siswa dengan presentase 21% dan sebanyak 10 siswa tidak tuntas dengan presentase 79%. Sedangkan, pada pelaksanaan siklus II siswa yang mencapai indikator ketuntasan atau keberhasilan terdapat 13 siswa dengan presentase 90% dan 2 siswa tidak lulus dengan presentase 10%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa pada siklus I ke siklus II sebesar 69%. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan berbicara melalui pendekatan kooperatif dengan metode struktural pada pembelajaran bahasa Indonesia di UPTD SD Negeri Buduran 1 Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan mengalami peningkatan dan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Pendekatan Kooperatif, Metode Struktural Abstract Basically, children learn to interact with others in different ways, but there are some habits that are common to every child. Therefore, to improve the learning outcomes of language skills, a teacher must have the ability to use certain appropriate models, methods, techniques, and strategies.This study aims to determine the improvement of speaking skills through a cooperative approach with structural methods in Indonesian language learning at UPTD SD Negeri Buduran 1, Arosbaya District, Bangkalan. The method used by researchers is Classroom Action Research (PTK). The results of this study are based on cycle I students who reached the indicator of completeness or success there were 5 students with a percentage of 21% and as many as 10 students did not complete with a percentage of 79%. Meanwhile, in the implementation of cycle II students who reached the indicator of completeness or success

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Depositing User: ANAS ANAS MOH ANAS HENDRI AZIZ
Date Deposited: 03 Oct 2024 03:15
Last Modified: 03 Oct 2024 03:15
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/3765

Actions (login required)

View Item View Item