PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DALAM POKOK BAHASAN MENGARANG MELALUI MEDIA GAMBAR KOLASE DI UPTD SD NEGERI SADAH 1 KECAMATAN GALIS KABUPATEN BANGKALAN

HOFIA, HOFIA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DALAM POKOK BAHASAN MENGARANG MELALUI MEDIA GAMBAR KOLASE DI UPTD SD NEGERI SADAH 1 KECAMATAN GALIS KABUPATEN BANGKALAN. STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
ARTIKEL HOFIA.pdf

Download (342kB)

Abstract

Pendidikan merupakan sarana penting untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, karena setiap manusia akan senantiasa mendasari setiap aktivitas kehidupannya dengan ilmu pengetahuan tersebut. Pendidikan berfungsi untuk membantu peserta didik dalam pengembangan dirinya, mengembangkan semua potensi, keahlian, dan karakteristik pribadinya ke arah yang lebih positif, baik bagi dirinya maupun lingkungannya.Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan dari hasil belajar bahasa indonesia dalam pokok materi mengarang melalui media gambar kolase hasil sendiri di UPTD SD Negeri Sadah 1 Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. Metode yang digunakan peneliti yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini Nilai mengarang siswa sebelum tindakan adalah 58, setelah dilakukan tindakan nilai pada siklus I adalah sebesar 64,33 dan siklus II adalah sebesar 78,67. Hal ini menunjukkan bahwa menggunakan media gambar yang dibuat oleh siswa sendiri dapat meningkatkan hasil belajar mereka dalam bahasa Indonesia tentang pokok bahasan menulis karangan sederhana. Jadi dengan menggunakan media gambar kolase dalam penelitian tindakan di kelas dengan menggunakan media gambar kolase yang dibuat sendiri dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia tentang pokok bahasan menulis karangan sederhana. Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Mengarang, Gambar Kolase Abstract Education is an important means to create quality human resources (HR), because every human being will always base every activity of his life on this knowledge. Education serves to assist students in their self-development, developing all their potential, skills, and personal characteristics in a more positive direction, both for themselves and their environment.This study aims to determine the improvement of Indonesian language learning outcomes in the subject matter of composing through collage image media of their own results at UPTD SD Negeri Sadah 1 Galis District, Bangkalan Regency. The method used by researchers is Classroom Action Research (PTK). The results of this study The value of composing students before the action was 58, after the action the value in cycle I was 64.33 and cycle II was 78.67. This shows that using image media made by students themselves can improve their learning outcomes in Indonesian on the subject of writing simple essays. So by using collage image media in classroom action research using collage image media made by themselves can improve Indonesian learning outcomes on the subject of writing simple essays. Keywords: Writing Skills, Composing, Picture Collage

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Depositing User: HOFIA HOFIA HOFIA
Date Deposited: 03 Oct 2024 03:08
Last Modified: 03 Oct 2024 03:08
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/3764

Actions (login required)

View Item View Item