ACH IMRON TAUFIQ, IMRON Penerapan N-3 (NITENI NIROKAKE NAMBAHI) Pada materi menulis puisi kelas VIII MTs al ibrohimy kecamatan galis kabupaten bangkalan. STKIP PGRI BANGKALAN.
Text
Ach. Imron Taufiq_203441109_PendidikanBahasadanSastraIndonesia_PTK_2024.docx Download (46kB) |
Abstract
Students tend to avoid learning to discuss poetry writing. They consider that writing poetry is a very difficult activity for them. Therefore, researchers conducted research by applying the N3 method (niteni, nirokake, nambahi) in writing poetry. iterary works, especially poetry, are a reflection of the society and culture within it, including the author's attitude and experiences or life events in society and culture, which is closely related to writing. This research aims to examine the application of poetry writing methods in improving students' writing skills. The N3 learning method (niteni, nirokake nambahi) is a learning method with three stages, namely Niteni, Nirokake, and Nambahi. The method used in this research is a quantitative method, the research instrument is observation of student activities, student response questionnaires and learning outcomes tests which use 2 cycles, namely cycle 1 where in this cycle the N3 method (niteni, nirokake, nambahi) has not been applied and the second cycle uses the method ( niteni, nirokake, nambahi . The subjects of this research were class VIII students at MTs Al Ibrohimy, Galis District, Bangkalan Regency The research results show that applying the N3 method can improve students' writing skills.Students become more creative in expressing their ideas and feelings through poetry. Apart from that, students also showed improvement in linguistic aspects, such as diction, language style, and poetry structure. Learning to write poetry also motivates students to be more active in the learning process and increases their appreciation of literary works. Kata kunci: Metode N3 (niteni, nirokake, nambahi), menulis puisi, hasil belajar Abstrak Siswa cenderung menghindari dari pembelajaran diskusi penulisan puisi. Meraka menganggap bahwa kegiatan menulis puisi adalah kegiatan yang sangat sulit bagi mereka. Maka dengan itu peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan metode N3 (niteni, nirokake, nambahi) dalam menulis puisi.Karya sastra khususnya puisi adalah suatu cerminan masyarakat dan budaya yang terdapat di dalamnya, termasuk sikap pengarang dan pengalaman atau kejadian hidupya dalam masyarakat dan berbudaya untuk itu sangat erat kaitannya dengan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode menulis puisi dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Metode pembelajaran N3 (niteni, nirokake nambahi) merupakan suatu metode pembelajaran dengan tiga tahapan yaitu Niteni,Nirokake, dan Nambahi. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode kuantitatif instrumennya penelitiannya berupa observasi aktivitas siswa, angket respon siswa dan tes hasil belajar yang menggunakan 2 siklus yaitu siklus 1 dimana disiklus ini belum diterapkan metode N3 (niteni, nirokake, nambahi) dan siklus kedua menggunakan metode (niteni, nirokake, nambahi . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al Ibrohimy Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode N3 ini dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Siswa menjadi lebih kreatif dalam mengekspresikan ide dan perasaan mereka melalui puisi. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam aspek kebahasaan, seperti diksi, gaya bahasa, dan struktur puisi. Pembelajaran menulis puisi juga memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran dan meningkatkan apresiasi mereka terhadap karya sastra.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA |
Depositing User: | AIT ACH IMRON TAUFIQ |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 05:43 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 05:43 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/3723 |
Actions (login required)
View Item |