PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI DARUSSALAFI BALUNG AROSBAYA

DEWI RAMADANI, DEWI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KERJASAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI DARUSSALAFI BALUNG AROSBAYA. STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
ARTIKEL DEWI RAMADANI.pdf

Download (233kB)

Abstract

Pada proses belajar mengajar guru belum menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan kelas. Dalam kegiatan pembelajaran kelompok, kerja sama siswa masih kurang hanya sebagian siswa dalam satu kelompok yang aktif untuk berdiskusi. Selain itu motivasi siswa yang masih rendah terlihat beberapa siswa merasa ragu ketika menyampaikan pendapat dan ragu ketika bertanya materi yang kurang paham serta kurang yakin pada kemampuannya sendiri,beberapa siswa kurang semangat mengikuti pembelajaran terlihat siswa tidak mendengarkan bahkan bergurau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe tink pair share terhadap motivasi belajar dan kerjasama siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif dengan mengambil 12 sampel. Instrumen yang digunakan adalah angket yang terdiri dari 10 butir angket motivasi dan 10 butir angket kerja sama. Berdasarkan analisa uji-t diperoleh motivasi nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sedangkan kerja sama nilai sig (2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05 maka dinyatakan nilai sig (2-tailed) < 0,05 menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe think pair share terhadap motivasi belajar dan kerja sama siswa pada mata pelajaran ipa kelas V MI Darussalafi Balung Arosbaya.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: DR DEWI RAMADANI
Date Deposited: 27 Aug 2024 06:22
Last Modified: 27 Aug 2024 06:22
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/3708

Actions (login required)

View Item View Item