AHMAD ZAHID, AHMAD ZAHID (2024) PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK AL – KAHFI PROBUNGAN TENGGUN DAJAH. STKIP PGRI BANGKALAN.
Text
ARTIKEL AHMAD ZAHID PRODI EKONOMI.docx Download (20kB) |
Abstract
ABSTRACT This study aims to determine the effect of discipline on the learning achievement of students at SMK Al-Kahfi Probungan Tenggun Dajah. The variables X and Y used in this study are discipline and learning outcomes, respectively. The approach used is a descriptive quantitative method, named so because the research data is in numerical form and analyzed using statistics. The population and sample size for this study consist of 25 11th grade students. A questionnaire was used to collect data on characteristics such as learning motivation and school discipline. Meanwhile, the learning achievement variable is based on the data from the even semester report cards. The questionnaire, which was given to 25 11th grade students, includes ten items related to school discipline. Validity tests showed that all questions regarding learning motivation and school discipline were valid. The reliability coefficient for the school discipline variable is r11 = 0.891. The study's findings indicate that there is a significant effect of student discipline on the learning achievement of 11th grade students at SMK Al-Kahfi Probungan Tenggun. Keywords: Student Discipline and Learning Achievement ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa di SMK Al - Kahfi Probungan Tenggun Dajah. Variabel X dan Y yang digunakan dalam penelitian ini masing-masing adalah disiplin dan hasil belajar. Pendekatan yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, dinamakan demikian karena data penelitian berbentuk angka-angka dan diperiksa dengan menggunakan statistik.Populasi dan sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan data untuk variable motivasi belajar dan variable disiplin sekolah dengan menggunakan angket. Sedangkan untuk variable prestasi belajar dengan data yang berupa nilai raport semester genap. Angket ini telah dilakukan uji coba kepada siswa kelas XI sebanyak 25 siswa. Angket disiplin sekolah 10 soal. Dari uji validitas diperoleh hasil untuk motivasi belajar semua soal valid, untuk disiplin sekolah semua soal valid. Sedangkan untuk uji reliabilitasnya diperoleh angka reliabel untuk variabel disiplin sekolah sebesar r11 = 0,891. Dengan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa Kelas XI di Smk Al- Kahfi Probungan Tenggun Dajah. Kata-kata kunci: Kedisipinan Siswa dan Prestasi Belajar
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AZ AHMAD AHMAD ZAHID |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 04:24 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 04:24 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/3699 |
Actions (login required)
View Item |