Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa ppkn kelas IX smp itaq al qolam jukong labang bangkalan

Qonitatul buroiroh, Qonita (2024) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa ppkn kelas IX smp itaq al qolam jukong labang bangkalan. STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Artikel Qonita_2023311018_PPKN.docx

Download (64kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Itaq Al-Qolam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP. Objek penelitian ini di SMP Itaq Al-Qolam jukong. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis yaitu reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kelas IX SMP Itaq Al-Qolam hasil respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan menggunakan angket memperoleh 80% siswa setuju dengan adanya model pembelajaran kooperatif sedangkan dengan adanya tidak setuju dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memperoleh 40%. Hasil nilai belajar siswa kelas IX Smp memperoleh nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 65, dimana siswa menunjukkan hasil belajar yang baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, motivasi siswa dan kemampuan pemahaman konsep belajar.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PPKN
Depositing User: QB QONITATUL BUROIROH
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:38
Last Modified: 22 Aug 2024 07:38
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/3689

Actions (login required)

View Item View Item