Perbedaan Prestasi Belajar Antara Siswa Yang Mengikuti Bimbingan Belajar Dengan Yang Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI Di SMK Al- Kahfi

NUR, AZIZAH (2024) Perbedaan Prestasi Belajar Antara Siswa Yang Mengikuti Bimbingan Belajar Dengan Yang Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XI Di SMK Al- Kahfi. STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
artikel Nur Azizah.pdf

Download (269kB)

Abstract

Abstract The aim of this research is to find out whether there is a difference in learning achievement between students who take part in tutoring and those who do not follow tutoring in the subject of Entrepreneurship class XI at SMK AL -KAHFI. The method used in this research is a quantitative method and the data collection technique uses Pre-test and post-test values. The data was obtained and then analyzed using comparative (comparison). In this study, the researcher obtained the results of hypothesis testing using a t-test, namely with a significance level of 0.05, then a tcal value = 3.49 was obtained greater than ttable = 2.01. In addition, judging from the results of the post-test calculation of the experimental class, which is none other than students who take part in tutoring, it is known that the average score is 80.2 which shows that this score is higher than that of the control class (students who do not take tutoring with an average score of 75.4. Keywords: Tutoring, Learning achievement, Students Abstrak Tujuan dari penelitian ini adaah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas XI di SMK AL-KAHFI. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode kuantitatif dan tekhnik pengumpulan datanya menngunakan nilai Pre-test dan post-test. Dari data diperoleh kemudian di analisa dengan menggunakan komparatif (perbandingan). Dalam penelitian ini peneliti memperoleh hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t yaitu dengan taraf signifikasi 0.05 maka diperoleh nilai thitung= 3.49 lebih besar dari ttabel=2.01. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan post-test kelas eksperimen yang yang tak lain adalah siswa yang mengikuti bimbingan belajar maka diketahui nilai rata-rata 80.2 yang menunjukan nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar dengan nilai rata-rata 75.4. Kata kunci: Bimbingan belajar,Prestasi belajar,Siswa

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: NR NUR NUR AZIZAH
Date Deposited: 22 Aug 2024 06:12
Last Modified: 22 Aug 2024 06:12
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/3687

Actions (login required)

View Item View Item