TINDAK TUTUR GURU TERHADAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMKN 1 TANJUNGBUMI KELAS XII AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

NASUHA, NASUHA (2024) TINDAK TUTUR GURU TERHADAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMKN 1 TANJUNGBUMI KELAS XII AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
NASUHA_2034411057_PendidikanBahasaIndonesia_PTK_2024.pdf

Download (266kB)

Abstract

ABSTRACT This Penelitisn is located in the SMKN 1 Tanjungbumi exactly in the village of Macajah, the district of Bangkalan. The focus of the internal problems of this research is how the assertive, directive and commissive responses of teachers to students in the learning of Indonesian language in class XII AKL semester II at SMKN 1 Tanjungbumi Prefecture of Bangkok district. The purpose of this research is to describe how the teacher's assertive, directive and commissive observance of students of class XII AKL at SMKN 1 Tanjungbumi district of Bangkalan in the learning of Indonesian language. The approach used in this study is qualitative descriptive with a metric (observation). The data is obtained by means of cutting and recording techniques as well as recording as an advanced technique. The results of this study showed that the form of observance that exists in the teaching of teachers against students in Tanjungbumi district of Bangkalan consists of assertive observances, directive observations and commissive observations. The frequency of use of the three forms of submission above is more dominant is the assertive submission, that is, the action performed to declare something believed to be true by the speaker with the intention and purpose of merely to convey (statement) what is being felt by a speaker without expecting a response from the submission partner. However, the use of three submissions consisting of submissive, directive and commissive, which is more frequently used in the process of learning Indonesian language by teachers to students of XII AKL is the asertive/presentative submission because such submission is often used by the teacher against students of 12 AKL either to state or even inform something related to the teaching learning process. Keywords: Indonesian language, learning, pragmatics, tactics. 2 ABSTRAK Penelitisn ini bertempat di SMKN 1 Tanjungbumi tepatnya di Desa MacajahKecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan. Fokus permasalahan dalampenelitian ini adalah bagaimana tindak tutur asertif, direktif dan komisif guru terhadap siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XII AKL semester II di SMKN 1 Tanjungbumi Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana bentuk tindak tutur asertif, direktif dan komisif guru terhadap siswa kelas XII AKL di SMKN 1 Tanjungbumi Kecamatan Tanjungbumi Kab upaten Bangkalan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode simak (observasi/pengamatan). Data diperoleh melalui teknik simak dan teknik catat serta teknik rekam sebagai teknik lanjutan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk tindak tutur yang terdapat dalam tuturan guru terhadap siswa di SMKN 1 Tanjungbumi Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan terdiri dari tindak tutur asertif, tindak tutur direktif dan tindak tutur komisif. Frekuensi penggunaan dari ketiga bentuk tindak tutur di atas yang lebih dominan adalah tindak tutur asertif, yaitu tindakan yang dilakukan untuk menyatakan sesuatu yang diyakini kebenarannya oleh penutur dengan maksud dan tujuan hanya sekedar untuk menyampaikan (pernyataan) apa yang sedang dirasakan penutur tanpa berharap adanya respon dari mitra tutur. Sedangkan, penggunaan dari ketiga tindak tutur yang terdiri dari tindak tutur asertif, direktif dan komisif, yang lebih sering digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia oleh guru terhadap siswa XII AKL adalah tindak tutur asertif/presentative karena tindak tutur tersebut sering digunakan oleh guru terhadap siswa kelas XII AKL baik untuk menyatakan atau bahkan menginformasikan ses uatu yang berhubungan dengan proses belajar mengajar. Kata-Kata Kunci : Bahasa Indonesia, Pembelajaran, Pragmatik, Tindak tutur.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Depositing User: S. Pd NASUHA NASUHA
Date Deposited: 22 Aug 2024 06:12
Last Modified: 22 Aug 2024 06:12
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/3684

Actions (login required)

View Item View Item