Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar dan kerja sama siswa kelas V di UPTD SDN NOREH 6

Rizqon Taufiq, Taufiq (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar dan kerja sama siswa kelas V di UPTD SDN NOREH 6. Stkip pgri bangkalan.

[img] Text
ARTIKEL_RIZQON TAUFIQ_2048811061_PGSD.docx

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar dan kerja sama siswa kelas V di UPTD SDN Noreh 6. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes yaitu soal dan non tes berupa angket. Metode analisi data yang digunakan dalam penelitian in I adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji paired sampel t-test, dan uji MANOVA. Instrument yang digunakan adalah angket yang terdiri dari 4 butir angket, soal pilihan ganda yang terdiri dari 10 soal, dan soal essay yang terdiri dari 5 soal. Penelitian ini dilakukan di kelas V semester genap UPTD SDN Noreh 6 dengan jumlah siswa 12 orang. Hasil dari uji MANOVA sebagai berikut : Berdasarkan hasil Uji MANOVA nilai signfikan kerja sama sebesar 0,000 sedangkan nilai signifikan hasil belajar sebesar 0,000 yang artinya nilai signifikan < 0,05 maka ada pengaruh antara model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar dan kerja sama siswa kelas V di UPTD SDN Noreh 6.

Item Type: Other
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KD England and Wales
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: rizqon taufiq
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:17
Last Modified: 13 Aug 2024 08:17
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/3619

Actions (login required)

View Item View Item