UpayaMeningkatkanHasilBelajarSiswaMenggunakan Model PembelajaranKooperatifTipePair Check dengan Media Snake Ladder

Hasanah, wiadhotul (2018) UpayaMeningkatkanHasilBelajarSiswaMenggunakan Model PembelajaranKooperatifTipePair Check dengan Media Snake Ladder. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB v.docx

Download (15kB)

Abstract

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model PembelajaranPair Check, Media Snake Ladder. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di MTs AN-NUR KembangJeruk,diperolehbahwa guru di Sekolahmasihmenggunakan metode konvensional yaitu guru menjelaskanmaterisetelahitumemberikantugasdandikerjakanolehsiswa. Selainitu guru tidakpernahmenggunakan media pembelajaran yang menariksehingga proses pembelajaranmembosankandansiswamenjadipasif. Akibatnyahasilbelajarsiswarendah.Olehkarenaitu, penelitimencobamenggunakan model pembelajaran Pair CheckdenganMedia Snake Laddersebagai model dan media yang dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dengan media Snake Ladderadalah pembelajaran dimana siswa dibentuk dalam kelompok yang anggotanya tediri dari dua pasangan, yaitu partner A dan partner B. Partner A bertugas untuk mengerjakan soal dengan menggunakan media Snake Ladderdan partner B bertugasuntukmengamati partner A supayatidakterjadikecurangan, berlakusebaliknyabertukarperanantara partner A dengan partner B.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-B MTs AN-NUR KembangJerukmenggunakanModel PembelajaranPair CheckdenganMedia Snake Ladder.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjekdalampenelitianiniyaitu 20siswakelas VII-B.Instrumen yang digunakandalampenelitianiniyaitulembar test hasil belajar yang digunakanuntukmenentukanhasilbelajarsiswa. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapan model pembelajarankooperatif tipe Pair Check dengan media Snake Ladderdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Hal inidilihatdaripretestkepost test I meningkat 20%danpost test I kepost test II meningkat 70 % sehingga total peningkatansiklus I dansiklus II sebesar 90% .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: Unnamed user with email repo@stkippgri-bkl.ac.id
Date Deposited: 24 Apr 2019 07:42
Last Modified: 24 Apr 2019 07:42
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item View Item