EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII DI MTs. HIDAYATUDDINIYAH PENDABAH KAMAL BANGKALAN

Putri Alif Nurhasanah, Putri (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII DI MTs. HIDAYATUDDINIYAH PENDABAH KAMAL BANGKALAN. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII DI MTs. HIDAYATUDDINIYAH PENDABAH KAMAL BANGKALAN.

[img] Text
Putri Alif Nurhasanah PPKn20.pdf

Download (474kB)

Abstract

Putri Alif Nurhasanah. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas VIII di MTs. Hidayatuddiniyah Pendabah Kamal Bangkalan. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. STKIP PGRI Bangkalan. Dosen Pembimbing M. Sahid, S.H., M.H. Kata Kunci : Mind Mapping, Berpikir Kritis, Mata Pelajaran PPKn. Peserta didik tidak cukup hanya berpengetahuan saja, tetapi harus juga memiliki kemampuan berpikir kritis. Permasalahan pada penilitian ini berasal dari kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn. Siswa cenderung pasif, kurang dalam memahami materi, kurang berani dalam menyampaikan pendapat atau pertanyaan mengenai materi pelajaran yang diajarkan. Dalam permasalahan tersebut perlu model pembelajaran Mind Mapping yang tujuan untuk menguji keefektifan dari model pembelajaran tersebut terhadap berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini menggunakan eksploratif dengan pendekatan kuantitaif. Dengan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model Mind Mapping memberikan pengaruh positif terhadap kemapuan berpikir kritis siswa. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini juga menghasilkan H1 diterima dan diperoleh nilai 8,851 > 2.048, maka hipotesis t- hitung > t-tabel dirumuskan dalam penelitian ini diterima yang artinya model pembelajaran Mind Mapping efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.Jadi, hasil pada penelitian ini keefektifan model pembelajaran ini didukung oleh model pembelajaran Mind Mapping dalam mata pelajaran PKn dapat menciptakan pembelajaran di kelas lebih aktif dan dapat mendorong peserta didik untuk berpikir kritis secara optimal. Selain itu membantu guru dalam pembelajaran di kelas lebih efektif sehingga memudahkan dalam proses evaluasi pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa maupun hasil belajar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PPKN
Depositing User: PAN PUTRI ALIF NURHASANAH
Date Deposited: 07 Aug 2024 06:09
Last Modified: 07 Aug 2024 06:09
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/3541

Actions (login required)

View Item View Item