PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PERKALIAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III DI MI DARUSSALAFI BALUNG AROSBAYA

AULIA CENDIANI GUNAWAN, CINDY (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PERKALIAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III DI MI DARUSSALAFI BALUNG AROSBAYA. STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
ARTIKEL Aulia cendiani_2048811010_PGSD.pdf

Download (484kB)

Abstract

Peneliti mengambil judul diatas karena ada beberapa peserta didik yang belum bisa menghafal perkalian 1-10 disebabkan guru hanya menjelaskan materi perkalian dengan media buku yang membuat peserta didik merasa sulit untuk tertarik mempelajari materi perkalian, bahkan banyak peserta didik yang menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sangat menyeramkan karena materi yang sulit dipahami, juga tidak sedikit peserta didik yang meninggalkan kelas pada saat pembelajaran matemtika berlangsung, sehingga hasil belajar beberapa peserta didik di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran papanperkalian pada mata pelajaran matematika terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif dengan mengambil 12 sampel. Instrumen yang digunakan adalah 10 butir angket minat dan 10 butir soal pilihan ganda. Berdasarkan analisis uji t diperoleh minta nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sedangkan hasil belajar nilai sig (2-tailed) sebesar 0,004< 0.05 maka dinyatakan nilai sig (2-tailed) < 0,05 menunjukkan terdapat pengaruh media pembelajaran papan perkalian pada pelajaran matematikan terhadap minat dan hasil belajar peserta didik kelas III di MI Darussalafi balung arosbaya.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: ACG AULIA CENDIANI GUNAWAN
Date Deposited: 09 Aug 2024 06:34
Last Modified: 09 Aug 2024 06:34
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/3538

Actions (login required)

View Item View Item