Penggunaan Disfemia dalam Komentar Warganet pada Akun Instagram @insertlive Unggahan Oktober-November 2023

Nuristiqomah, Nuris (2024) Penggunaan Disfemia dalam Komentar Warganet pada Akun Instagram @insertlive Unggahan Oktober-November 2023. STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Nuristiqomah_2034411028_Pendidikan Bahasa Indonesia_Bahasa_2024.docx

Download (40kB)

Abstract

Nuristiqomah, 2024. Penggunaan Disfemia dalam Komentar Warganet pada Akun Instagram @insertlive Unggahan Oktober-November 2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing: Sakrim, M.Pd Penelitian ini difokuskan pada penggunaan disfemia oleh warganet yang terdapat dalam kolom komentar akun instagram @insertlive pada unggahan edisi bulan Oktober-November 2023. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk disfemia dan fungsi penggunaan disfemia oleh warganet di kolom komentar akun instagram @insertlive. Data dari penelitian ini adalah kalimat-kalimat yang mengandung disfemia. Sumber data adalah kolom komentar akun instagram @insertlive pada unggahan dari tanggal 01 Oktober sampai dengan 30 November 2023. Hasil dari penelitian ini ditemukan data-data yang mengandung disfemia dalam kolom komentar akun instagram @insertlive sebanyak 60 data. Data-data tersebut dikelompokkan ke dalam bentuk-bentuk disfemia berupa kata, frasa dan ungkapan. Bentuk disfemia berupa kata, frasa dan ungkapan masing-masing terbagi menjadi 20 data beserta fungsinya. Adapun fungsi dari penggunaan disfemia oleh warganet ini digunakan untuk menunjukkan rasa kejengkelan, memberikan tekanan, menegaskan atau menguatkan makna, serta untuk menunjukkan rasa marah atau kesal warganet ketika membaca unggahan berita mengenai infotaiment pada akun instagram @insertlive. Kata Kunci: Semantik, Disfemia, Komentar, Instagram.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: N NURISTIQOMAH NURSITIQOMAH
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:11
Last Modified: 13 Aug 2024 06:11
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/3520

Actions (login required)

View Item View Item